50 Tahun Kiprah LIPI untuk Bangsa

By on January 15, 2018

CTB-CoverMemasuki usia emas ke-50 tahun, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus melakukan inovasi guna memajukan peradaban bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing dalam pergaulan internasional. Usia 50 tahun merupakan umur yang cukup matang bagi sebuah lembaga dalam memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. LIPI lahir menjadi sebuah lembaga penelitian yang dibutuhkan bangsa untuk menjawab berbagai tantangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. LIPI tumbuh menjadi barometer perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan suatu bangsa sangatlah penting. Negara-negara maju yang menguasai teknologi terbukti melebihi kemampuan negara-negara lainnya dalam menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyatnya melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai sektor kehidupan. LIPI sebagai lembaga pemerintah yang melaksanakan penelitian—tidak hanya pendekatan monodisiplin tetapi juga multidisiplin dan antardisiplin—mampu menjawab dan mewarnai upaya memberikan arah perkembangan sekaligus memperkuat ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya mempercepat pencapaian tujuan negara. Hasil-hasil penelitian LIPI telah mampu memberikan kontribusi nyata dalam penguasaan dan penguatan iptek, peningkatan kualitas hidup manusia, pemecahan permasalahan bangsa, dan perubahan arah kebijakan nasional untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.
Buku 50 Tahun Kiprah LIPI Untuk Bangsa disusun sebagai legacy LIPI pada bangsa. Buku ini memotret perjalanan sejarah, prestasi, dan kiprah LIPI selama 50 tahun untuk bangsa dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengusung 4 tema, yaitu Science for Frontier, Science for Better Life, Science for National Competitiveness, dan Science for Policy. Buku ini, kami harapkan dapat menggambarkan perjalanan LIPI dalam mengemban tugas sebagai lembaga penelitian, dan menggambarkan capaian serta prestasi yang telah diraih. Hal ini juga diharapkan mampu memberikan keyakinan akan jati diri LIPI sekaligus introspeksi, evaluasi, rasa syukur, dan bangga atas apa yang telah diperbuat LIPI. Semoga kehadiran buku ini menjadi salah satu sumber informasi mengenai hasil-hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
Terima kasih dan penghargaan tinggi kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyusunan buku ini. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada almarhum Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, Kepala LIPI 2014–2017, yang telah menginisiasi dan mengawal secara intensif di awal penyusunan buku meskipun kala itu kesehatan beliau terus menurun. Perhatian seperti ini merefleksikan kepedulian beliau yang luar biasa terhadap kehadiran buku ini. Tak lupa juga terima kasih diberikan kepada seluruh kontributor yang telah menyumbangkan koleksi foto, gambar, dan/atau tulisan sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik [DOWNLOAD].

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>