Hack forum Forum Hack warez forum alfa shell wso shell organik ziyaretci recovery shell wso shell indoxploit shell hacklink hacklink paketleri hacklink nedir hacklink panel
Analisis Informasi Directory Book HKI Mart 2010 –

Analisis Informasi Directory Book HKI Mart 2010

By on May 16, 2012

oleh: Rochani Nani Rahayu

Analisis Informasi Directory Book HKI Mart 2010 merupakan suatu bentuk kajian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Jumlah paten dan paten sederhana yang sudah dikabulkan (granted). 2) Jumlah paten dan paten sederhana yang sedang dalam proses pendaftaran; 3) Perbandingan antara pendaftar perorangan dan pendaftar institusi baik untuk paten maupun paten sederhana; 4). Inventor paten dan paten sederhana baik yang dalam proses pendaftaran maupun yang sudah granted. 5) Kota domisili pemilik dan pendaftar paten dan paten sederhana. 6) Perbandingan antara pemilik paten perorangan dan pemilik paten institusi baik untuk paten maupun paten sederhana.

Metodologi kajian dilakukan dengan menganalisis jumlah paten, paten sederhana baik yang masih dalam proses pendaftaran maupun yang sudah granted dari terbitan Directory Book HKI Mart 2010. Kemudian hasil yang diperoleh dikelompokkan sesuai kebutuhan, hasil yang didapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar yang diolah menggunakan Microsof Exel.

Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa: 1) Jumlah seluruh  paten yang granted dan yang sedang dalam proses pendaftaran masing – masing adalah 32 judul (37,65%) dan 53 judul (62,35%). Adapun perincian untuk yang granted adalah 16 judul untuk paten dan 16 untuk paten sederhana sedangkan untuk paten dalam proses pendaftaran terdapat 37 judul dan 16 judul untuk paten sederhana; 2) Dari keseluruhan paten yang granted, diketahui bahwa dari 32 judul paten dan paten sederhana secara keseluruhan terdapat sebanyak 94 inventor yang terdiri atas 79 orang laki-laki dan 15 orang perempuan (5,26 :1). Rata-rata satu judul paten dikerjakan oleh 2,94 inventor; 3) Adapun untuk inventor paten laki-laki dibanding perempuan adalah  6,66 : 1 dan paten sederhana inventor laki-laki dibanding perempuan adalah  3,16 : 1:  4) Bagi paten yang sudah granted jumlah inventor perempuan 4 orang dan laki-laki sebanyak 75 orang. Adapun perbandingan antara inventor laki-laki dibanding perempuan adalah  11,5 :1. Tidak dijumpai inventor perempuan pada paten sederhana; 5) Kota terbanyak pemegang hak paten granted adalah Jakarta yaitu 4 judul (25%)  tempat ke dua adalah Bandung sebanyak 3 judul (18,75%) dan posisi ke tiga adalah Bogor, Serpong dan Yogyakarta, masing-masing dengan 2 judul paten (12,50%). Adapun untuk paten sederhana posisi tertinggi adalah Jakarta dan Sidoardjo masing – masing 5 judul (31,25%), dan posisi ke dua adalah Bogor, Depok, Malang dan Surabaya ( 6,25%); 6) Untuk paten tiga besar kota alamat pendaftar adalah, Jakarta di tempat pertama dengan 9 judul paten (24,32%), diikuti oleh Bandung dengan 8 judul paten (21,62%) dan Bogor dengan  6 judul paten (16,21%). Adapun untuk paten sederhana tiga besar kota alamat pendaftar  adalah Jakarta di tempat pertama dengan 10 judul paten (62,50%), tempat ke dua adalah Bandung dan Sidoardjo dengan 2 judul paten (12,50%). Yogyakarta dan Kuta berada di tempat ke tiga  masing-masing dengan 1 judul paten sederhana (6,25%); dan 7) Terdapat 3 judul paten dimiliki oleh perorangan/individu dan 10 judul  dimiliki oleh institusi baik pemerintah maupun swasta. Bagi paten yang masih dalam proses pendaftaran terdapat 10 judul paten diajukan oleh perorangan dan 27 judul paten didaftarkan oleh institusi.

Kata kunci: patent; intellectual property right, Indonesia

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>