Hack forum Forum Hack warez forum alfa shell wso shell organik ziyaretci recovery shell wso shell indoxploit shell hacklink hacklink paketleri hacklink nedir hacklink panel
Analisis Keterpakaian Tesis: Studi Kasus Koleksi Tesis Perpustakaan PDII LIPI –

Analisis Keterpakaian Tesis: Studi Kasus Koleksi Tesis Perpustakaan PDII LIPI

By on September 6, 2011

Pengarang: Rochani Nani Rahayu, Tupan, dan Mardiana

ABSTRAK

Analisis Keterpakaian Tesis: Studi Kasus Koleksi Tesis Perpustakaan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI (PDII LIPI), dibuat dengan tujuan untuk: 1). mengetahui subjek (nomer kelas) judul koleksi tesis yang sering digunakan; 2). mengetahui bagian-bagian tesis yang sering dimanfaatkan oleh pengguna; 3). mengetahui jumlah penggunaan koleksi tesis; dan 4). mengetahui tesis dari perguruan tinggi mana yang sering digunakan.

Responden adalah pengunjung perpustakaan yang datang dan membaca tesis koleksi perpustakaan PDII LIPI, secara periode Januari sampai dengan April 2011. Kepada setiap pengunjung diberikan 1 buah kuesioner, dan selama periode tersebut berhasil disebarkan sebanyak 150 buah kuesioner, untuk dijawab. Akan tetapi kuesioner yang kembali hanya berjumlah 117 buah.

Data yang dikumpulkan diolah dengan cara dikelompokkan ke dalam variabel-variabel yang ingin diketahui, dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Kemudian dilakukan analisis data, sehingga diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: 1). Responden yang paling banyak adalah perempuan (64,10%), sisanya adalah laki-laki sebanyak 35,90%; 2). Status responden terbanyak adalah mahasiswa S1 (76,07%) dan mahasiswa S2 sebanyak 15,39%; 3). Responden terbanyak berdomisili di Jakarta (76,92%) sisanya di Botabek, dan di luar Jawa; 4). Cakupan bidang ilmu yang paling banyak diminati adalah bidang sosial (62,39%), dan teknologi terapan (32,49%); 5). Tahun publikasi yang paling banyak dipakai adalah tahun 2002 yaitu sebanyak 17,95%); 6). Sebagaian besar responden menggunakan tesis untuk menyusun skripsi (78,63%) dan tesis 13,68%); 7). Bagian tesis yang paling banyak digunakan adalah tinjauan pustaka (41,03%), dan metode penelitian (30,78%); 8). Tesis yang paling banyak digunakan adalah dari Universitas Indonesia (43,59%) dan Universitas Gadjah Mada (32,48%).

Kata kunci: thesis, universities, subjects, user, libraries

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>