Hack forum Forum Hack warez forum alfa shell wso shell organik ziyaretci recovery shell wso shell indoxploit shell hacklink hacklink paketleri hacklink nedir hacklink panel
ANALISIS REFERENSI SEMINAR NASIONAL TECHNO ECONOMY DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA –

ANALISIS REFERENSI SEMINAR NASIONAL TECHNO ECONOMY DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

By on April 5, 2013

Oleh: Rochani Nani Rahayu dan Arlina B. Karo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) jenis literatur yang paling banyak disitir pada setiap makalah; 2) asal sumber informasi baik dari Indonesia maupun Asing yang disitir  pada setiap makalah; 3) halft life time (umur paruh)  literatur yang disitir pada setiap makalah.

Penelitian ini meliputi  seluruh makalah ilmiah yang tertera pada Seminar Nasional Techno Economy Dalam Pembagunan Ekonomi Indonesia 2010 yang diterbitkan oleh Universitas Widyatama dan dilakukan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan  cara mencatat setiap sitiran yang digunakan baik yang berupa buku, jurnal dan yang lainnya, serta tahun terbit sitiran tersebut. Selanjutnya dari data yang terkumpul diolah menggunakan tabel Excel dan dihitung half life time dari sitiran.

Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa: 1) Sumber informasi Indonesia yang disitir berjumlah 195 terdiri atas 108 judul buku, 11 judul jurnal, 10 laporan, 25 makalah, 1 prosiding, 15 situs web,  1 surat kabar, 3 judul standar, 7 disertasi/tesis,  2 pedoman dan 12 dalam bentuk lain-lain. 2) Untuk sumber Asing, dari 257 judul sitiran terdiri atas  176 buku, 64 jurnal, 3 makalah, 2 prosiding, 11 situs web, dan 4 standar. 3). Secara perbandingan sitiran Indonesia : Asing = 1,95 : 2,57 dan secara rata – rata diketahui bahwa 1 makalah menyitir 10 judul publikasi.

4). Buku menduduki peringkat pertama dengan jumlah sitiran sebanyak 284 judul, kemudian jurnal berada di posisi ke dua dengan 75 sitiran dan pada posisi ke tiga adalah makalah dengan 28 sitiran.5) Urutan 3 besar sumber informasi Indonesia yang digunakan dalam makalah – makalah tersebut adalah artikel dengan jumlah sitiran 28, kemudian 14 sitiran dan posisi ke 3 adalah artikel dengan 12 sitiran. 6).Adapun untuk sumber informasi asing urutan 3 besar adalah artikel dengan sitiran berjumlah 33, urutan ke dua artikel dengan jumlah 18 sitiran serta urutan ke tiga adalah artikel  jumlah sitiran 16 judul.7) Terdapat 4 makalah yang tidak diketahui umur paruh waktunya dikarenakan ke empat makalah tersebut tidak memuat daftar referensi. 8). Half time (paruh waktu) tertua adalah 19 tahun dan paruh waktu termuda adalah 1 tahun .

Kata kunci : citations, economics, informartion sources, books, journals

Sumber gambar: http://batik.imtelkom.ac.id/knowledgeitem.html?sort=list_code&sort_type=asc

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>