Hack forum Forum Hack warez forum alfa shell wso shell organik ziyaretci recovery shell wso shell indoxploit shell hacklink hacklink paketleri hacklink nedir hacklink panel
ANALISIS TRACKING RISET KOMPETITIF LIPI 2003-2007 –

ANALISIS TRACKING RISET KOMPETITIF LIPI 2003-2007

By on April 13, 2012

Oleh: Rochani Nani Rahayu

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  1) jumlah jurnal, makalah, buku  di dalam negeri  yang dihasilkan dari penelitian Riset Kompetitif 2003 – 2007; 2) jumlah jurnal, makalah, buku di luar negeri serta 3) tahun  publikasi yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Terhadap obyek kajian dilakukan analisis terhadap sumber data yang berupa Tracking Hasil Riset Kompetitif LIPI 2003 – 2007.

Sebagai gambaran dikemukakan bahwa terbitan ini memuat sebanyak 167 judul  laporan hasil penelitian dari 12 bidang penelitian yang telah ditentukan di dalam Riset Kompetitif. Adapun bidang – bidang tersebut adalah: Domestikasi Keanekaragaman Hayati Indonesia, Energi Baru dan Terbarukan, Kajian Pertahanan Keamanan, Kalimantan Timur dan Bangka Belitung, Lingkungan, Otonomi Daerah , Konflik dan Daya Saing,  Pasca Genomic Molecular Farming, Pengelolaan DAS Terpadu, Bahan Baku Obat Berbasis Biodiversity Indonesia, Produk, Komoditas dan Teknologi.

Sumber data dipilah secara manual terhadap publikasi karya ilmiah yang dihasilkan dari setiap judul penelitian yang ada. Adapun topik yang dipilah adalah tahun terbit publikasi, jenis publikasi, dan tempat terbit publikasi.Data yang sudah terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan gambar menggunakan perangkat lunak Microsof Excel.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa untuk karya dalam negeri telah dihasilkan karya ilmiah sebanyak 503 judul. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut. Artikel jurnal sebanyak 117 judul (23,26%), makalah 268 judul (53,28%), buku 92 judul (18,29%), paten 7 judul (1,39%), pedoman 1 judul (0,2%), rencana undang-undang 1 judul (0,2%), artikel surat kabar 2 judul (0,4%) dan dalam bentuk lain 15 judul (2,98%).

Penelitian yang menghasilkan karya ilmiah 3 besar berturut-turut adalah penelitian Bidang  Produk, Komoditas dan Teknologi dengan 86 karya ilmiah. Urutan ke dua adalah penelitian Bidang  Kalimantan Timur dan Bangka Belitung menghasilkan sebanyak 84 judul karya ilmiah. Adapun urutan ke tiga adalah penelitian Bidang  Energi Baru dan Terbarukan dengan jumlah karya ilmiah sebanyak 67 judul. Penelitian yang paling sedikit menghasilkan karya ilmiah di dalam negeri adalah penelitian Bidang  Pasca Genomic Molecular Farming yang  menghasilkan 6 judul karya ilmiah.

Tahun paling produktif dalam menghasilkan karya ilmiah adalah tahun 2006 dengan perincian sebagai berikut. Bidang  Energi Baru dan Terbarukan dengan 17 karya ilmiah; Bidang  Kajian Pertahanan dan Keamanan menghasilkan karya sebanyak 6 judul; Bidang Otonomi Daerah Daya Saing dan Konflik dengan jumlah karya ilmiah 18 judul. Adapun Bidang Pasca Genomic Molecular Farming mempunyai  karya 3 judul. Bidang Pengelolaan DAS Terpadu mempunyai karya 16 judul. Bidang Bahan Baku Obat menghasilkan karya 4 judul dan  Bidang Sensus Biota Laut  17 karya ilmiah.

Untuk karya luar negeri secara keseluruhan terdapat 38 judul  disebarluaskan dalam bentuk artikel jurnal 14 judul (36,84%), dan 24 judul (63,16%) makalah ilmiah. Tiga besar penghasil karya ilmiah luar negeri adalah penelitian dari Bidang Pengelolaan DAS Terpadu menghasilkan  sebanyak 8 judul karya ilmiah, sama dengan Bidang Sensus Biota Laut dengan 8 judul karya ilmiah. Bidang   Wilayah Perbatasan Nusa Tenggara Timur dengan 6 judul karya ilmiah, dan Bidang Domestikasi Keanekaragaman Hayati Indonesia  dengan 5 judul karya ilmiah  Adapun bidang penelitian yang belum menyebarluaskan karya ilmiah ke luar negeri adalah Bidang Kajian Pertahanan dan Keamanan, Bidang Lingkungan dan Bidang Pasca Genomic Molecular Farming.

Tahun produktif karya ilmiah luar negeri adalah tahun 2007 dengan perincian sebagai berikut. Bidang Otonomi Daerah, Konflik dan Daya Saing menghasilkan 1 judul karya ilmiah; Bidang Pengelolaan DAS Terpadu 2 judul karya ilmiah; Bidang Produk, Komoditas dan Teknologi 2 judul karya ilmiah. Adapun Bidang Sensus Biota Laut menghasilkan 1 judul karya ilmiah dan Bidang Wilayah Perbatasan NTT  4 judul karya ilmiah.

Kata kunci: Research results; dissemination; journals; books; papers

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>