Bimtek Desain Sistem Repositori Big Data: Sinergi Pengelolaan Data Hasil Penelitian

By on March 12, 2018

foto kegiatan sinergi BATAN PSTNT BANDUNGDalam rangka tindaklanjut Sinergy Pusat Unggulan Iptek antara Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI dengan Unggulan Ipteknya adalah Repositori Ilmiah Nasional (RIN) dengan Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Bandung, telah diadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknik Perancangan Sistem Repositori Big Data untuk mengelola karya ilmiah dan data primer hasil penelitian.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis di adakan di Kantor PSTNT BATAN pada tanggal12 Maret 2018 yang disampaikan oleh Tim PDII (Sdr. Wasi Tri Prasetya, Slamet Riyanto, dan Ekawati Marlina) dengan peserta sebanyak kurang lebih 30 orang tim PUI yang teridiri atas PLH Kepala PSTNT Bapak Agus Rahim, Ibu Isti Daruwati sebagai Koordinator PUI dan para pejabat Peneliti serta Staf Fungsional lainnya.

Selain acara sosialisasi dan bimtek tersebut, juga dilakkukan inventarisasi data publikasi dan data ilmiah yang akan diupload ke dalam RIN. Selanjutnya dari Sosialisasi dan Bimtek dilakukan pembahasan untuk substansi kerjasama (PKS) terkait dengan wajib simpan dan keamanan serta akses terhadap data dan karya ilmiah tersebut.

Pada hari kedua, pada tanggal 13 Maret 2018, kegiatan sosialisasi dan Bimtek Desain Sistem Repositori Big Data dilanjutkan di Kampus LIPI Bandung. Dalam acara tersebut diundangan sebanyak 30 orang peneliti dan pengelola perpustakaan dari Balai Informasi teknologi (BIT), Pusat Penelitian Geoteknologi, Pusat Penelitian Informatika, Balai Pengembangan Instrumentasi (BPI).

Maksud dari sosialisasi dan bimtek ini adalah untuk memberikan informasi tentang adanya sarana dan fasilitas penyimpanan dan pelestarian data dan karya ilmiah hasil penellitian dengan kapasitas storage besar dengan sistem komputasi berkinerja tinggi yang disediakan oleh Pusat Penelitian Instrumentasi sebagai tindak lanjut sinergi Pusat Unggulan Iptek antara PDII LIPI, Pusat Penelitian Instrumentasi dan lembaga PUI lainnya di lingkungan LIPI.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>