Jasa Perpustakaan PDII

Home Forums Forum Diskusi Cyber PR Jasa Perpustakaan PDII

This topic contains 18 replies, has 9 voices, and was last updated by  Wahid Nashihuddin 5 years, 4 months ago.

Viewing 15 posts - 1 through 15 (of 19 total)
  • Author
    Posts
  • #9271

    Perpustakaan PDII-LIPI merupakan jenis perpustakaan khusus milik pemerintah yang memiliki tugas menyediakan berbagai kebutuhan sumber informasi/literatur ilmiah untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Jenis literature ilmiah yang tersedia di Perpustakaan PDII antara lain jurnal/majalah ilmiah. Prosiding (makalah seminar/konferensi), laporan penelitian, tesis/disertasi, dan berbagai buku teks bidang sains dan teknologi. Di samping itu, Perpustakaan PDII memiliki jasa meja informasi yang berfungsi sebagai media jasa rujukan cepat (quick reference). Melalui jasa ini, pemustaka/pengguna dapat menanyakan tentang jasa-jasa yang dikelola PDII, konsultasi perpustakaan, dan hal-hal umum terkait dengan perpustakaan, dokumentasi, dan informasi. Dengan Motto ”Anda Bertanya, Kami Menjawab”, Perpustakaan PDII berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada anda.

    #9359

    Anonymous

    Mohon informasi mengenai evidance based tool itu spt apa?

    #9360

    Membantu menjawab, evidance based merupakan kegiatan penelitian/riset sederhana yang dilakukan secara ilmiah, biasanya dilakukan berdasarkan pengamatan (observasi) sehari-hari dalam bekerja maupun studi literatur. Sedangkan,”tool” dari kegiatan evidance based adalah data pekerjaan harian/hasil pengamatan di lingkungan sekitar. Dengan kata lain, pekerjaan yang kita lakukan, kita tulis dan didokumentasikan ke dalam sebuah karya tulis ilmiah, sehingga orang bisa membaca tulisan kita dari pekerjaan yang sudah kita lakukan.

    #9361

    Iwan
    Participant

    Halo Librarian! Hari Jumat buka setelah shalat Jumat sampai 15.30 ya? Terima kasih atas informasinya yang sangat cepat?

    #9362

    Salam, iya, waktu sholat jumat, tidak ada jam istirahat, tetap diyalani oleh petugas yang perempuan.

    #9363

    Zaini
    Participant

    Kalau mau jadi anggota Perpustakaan LIPI harus PNS? bagaimana kalau bukan?

    #9364

    Pengunjung yang datang ke Perpustakaan PDII-LIPI tidak harus PNS, tanpa harus menjadi anggota boleh datang ke perpustakaan. Jika anda ingin mencari koleksi, silakan datang langsung ke PDII-LIPI.

    #9365

    Anonymous

    Asslamualaikum, mau tanya dong. apa sih yang dimaksud dengan pusdokinfo? jasa apa saja yang terdapat dalam pusdokinfo?

    #9366

    Wa’alaikum…Pusdokinfo (Perpustakaan, Dokumentasi, dan Informasi), istilah tersebut biasa digunakan dalam ilmu kepustakawanan. Orang yang belajar ilmu tersebut sudah familier dengan istilah pusdokinfo, karena menjadi materi pokok. Secara istilah, perpustakaan diartikan sebagai tempat pengelolaan dan penyimpanan koleksi; dokumentasi sebagai proses pengolahan dan pelestarian dokumen/koleksi; dan informasi sebagai konten koleksi yang dilayankan oleh perpustakaan/lembaga sejenisnya. Jasa-jasa dalam Pusdokinfo mencakup jasa sirkulasi, jasa referensi, jasa silang layan, jasa kerjasama, jasa katalogisasi/klasifikasi, dsb.

    #9367

    Anonymous

    Pak perpustakaan tutup jam berapa ya?

    #9368

    Selamat siang, Perpustakaan PDII-LIPI tutup jam 15.30 WIB, untuk mengecek ketersedian koleksi PDII-LIPI silakan akses di: http://elib.dev.pdii.lipi.go.id/web/katalog dan http://isjd.dev.pdii.lipi.go.id/web/.

    #9369

    Saras
    Participant

    Selamat pagi, saya mahasiswa dari UNDIP, mau tanya jasa-jasa di PDII apa saja? jasa yang paling menonjol untuk mendukung kerja PDII?

    #9370

    Selamat pagi, di PDII-LIPI terdapat jenis layanan sbb: jasa perpustakaan, jasa ISSN, jasa penelusuran, pelatihan/kerjasama pusdokinfo, dsb. Semua layanan yang ada pada hakekatnya mendukung kemajuan PDII, tapi yang paling menonjol adalah layanan ISSN.

    #9371

    Yuniawati
    Participant

    Selamat siang! saya pustakawan di Pusat Penelitian Karet di Bogor. saya ingin bertanya mengenai menggandakan koleksi, baik sebagian atau keseluruhan isi. apakah perpustakaan diperbolehkan? Maksud pertanyaan saya lebih kepada permintaan user, yang menginginkan fotokopi salah satu koleksi!

    #9372

    Perpustakaan boleh menggandakan koleksi yang dibutuhkan pengguna (user), baik sebagian maupun keseluruhan isi koleksi. Tetapi sebaiknya hanya satu kali penggandaan untuk satu user.

Viewing 15 posts - 1 through 15 (of 19 total)

You must be logged in to reply to this topic.