TBM, Mitra Pustakawan

Home Forums Forum Diskusi Cyber PR TBM, Mitra Pustakawan

This topic contains 13 replies, has 7 voices, and was last updated by  yppi 5 years, 5 months ago.

Viewing 14 posts - 1 through 14 (of 14 total)
  • Author
    Posts
  • #9203

    Budi Nugroho
    Member

    Topik Acara : “TBM, Mitra Pustakawan”
    Waktu : 14 Januari 2011
    Tempat : Toko Buku Toga Mas Petra Surabaya
    Penyelenggara : Yayayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI)
    Sumber : http://www.pustakaindonesia.org

    #9205

    yppi
    Participant

    Terlepas dari perdebatan terkait makna pustakawan berdasarkan Undang-undang, profesi seorang pustakawan merupakan profesi yang layak untuk di banggakan dan dicintai. Hal itu merupakan sebagian hasil dari diskusi yang diselenggarakan oleh Yayayasan Pengembangan Perpustakaan (YPPI) bertempat di Toko Buku Toga Mas Petra Surabaya (14/1/2011) pukul 15.00 WIB. Diskusi ini dihadiri oleh Pak Aditya Nugraha selaku Kepala Perpustakaan Universitas Petra Surabaya. Diskusi ini juga menghadirkan Bapak Vicent sebagai kepala perpustakaan Universitas Widya Mandala Surabaya serta Ibu Astrid seorang dosen Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

    #9206

    Anonymous

    Peserta acaranya dari mana saja, pustakawan memang perlu jadi pebisnis!

    #9207

    yppi
    Participant

    Acara diskusi ini dihadiri oleh mahasiswa dan alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan Unair dan Universitas Wijaya Kusuma

    #9208

    seno
    Participant

    Walaupun dihadiri hanya sekitar puluhan peserta, namun acaranya sangat menarik karena dihadiri mahasiswa dan dosen sekaligus kepala perpustakaan sehingga masing-masing jadi tahu terkait beberapa permasalahan yang terjadi dilingkungan perkuliahan khususnya jurusan ilmu perpustakaan

    #9209

    Anonymous

    Apakah ada mahasiwa ilmu perpustakaan yang menyampaikan pangalamannya saat berkunjung ke perpustakaan atau TBM?

    #9210

    nugraha
    Participant

    Ya, misalnya seorang mahasiswa berani menyatakan jika ternyata ilmu yang di dapat dari dosen sangatlah sedikit dan si mahasiswa merasakan bahwa ilmu yang didapat selama langsung turun ke lapangan seperti saat meninjau TBM (Taman Baca Masyarakat) atau perpustakaan di masyarakat justru memberikan banyak sekali ilmu dan pengetahuan serta pengalaman yang belum tentu bisa di dapat selama mengikuti perkuliahan di kampus.

    #9211

    Anonymous

    ohhh, solusi akademis, misalnya dari dosen memberi motivasi apa saja?

    #9213

    Anonymous

    Setelah para mahasiswa mengeluarkan “unek-unek” mereka dan bercerita banyak hal kepada beberapa dosen yang hadir dalam diskusi ini, kemudian sang dosen dengan sangat bijak memberikan solusi dan motivasi kepada mahasiswa untuk tetap optimis dan tidak perlu “minder” apalagi pesimis terkait adanya permasalahan tersebut. Dari diskusi ini diharapkan si mahasiswa jadi berani mengeluarkan pendapat bahkan ide serta masukan terkait bagaimana sistem perkuliahan yang baik dan disuka oleh mahasiswa dan para dosen juga memberikan motivasi dan banyak ilmu ke para mahasiswa melalui diskusi tersebut.

    #9214

    yppi
    Participant

    Hasil lain dari adanya diskusi ini adalah terkait rencana akan dibentuknya sebuah gerakan atau bentuk kepedulian yang pada intinya akan mengumpulkan buku-buku untuk ditampung dan selanjutnya di sumbangkan ke perpustakaan-perpustakaan atau TBM di daerah-daerah di Indonesia yang teramat sangat masih banyak membutuhkan bantuan buku.

    #9215

    Anonymous

    Setelah acara ini selesai, tindak lanjut apa yang akan diambil oleh YPPI?

    #9216

    yppi
    Participant

    Terkait rencana ini, kedepan akan diadakan kembali pertemuan khusus terkait membahas rencana ini yang memungkinkan dan mengundang banyak pihak untuk terlibat dalam misi yang sangat mulya ini. Sementara yang sudah sepakat dan berkomitmen adalah Pak Aditya Nugraha selaku Kepala Perpustakaan Universitas Petra Surabaya, Bapak Vicent sebagai kepala perpustakaan Universitas Widya Mandala Surabaya serta Ibu Astrid seorang dosen Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan yang luar biasa lagi adalah pihak Toko Buku Toga Mas Petra Surabaya yang rencananya juga akan mengajak pihak-pihak yang lain seperti penerbit dan jaringan mereka.

    #9217

    Anonymous

    Berarti perlu ada kesepakatan donk?

    #9218

    yppi
    Participant

    Ada, kita akan rumuskan sebuah kesepakatan bahwa acara diskusi seperti ini akan terus berkelanjutan. Bahkan YPPI juga siap berkunjung ke kampus-kampus atau ke perpustakaan-perpustakaan untuk melakukan pendekatan-pendekatan ke pihak kampus ataupun masyarakat dalam misi memajukan perpustakaan di Indonesia, tentunya dengan dukungan semua pihak termasuk dunia kampus khususnya jurusan Ilmu Perpustakaan.

Viewing 14 posts - 1 through 14 (of 14 total)

You must be logged in to reply to this topic.