Industri Informasi Ilmiah di PDII-LIPI

By on September 8, 2011

Perkembangan informasi dewasa ini sangat pesat sehingga mengakibatkan timbulnya ledakan informasi. Oleh karena itu, pusat informasi dituntut untuk melakukan pengelolaan informasi dengan baik, yaitu dengan menggunakan teknologi canggih untuk mengolah, menyimpan, menemukan kembali, dan menyebarluaskan, serta ‘melayani pengunjung’. Pengguna informasi menuntut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara mudah, cepat, tepat dan akurat.

Era efisiensi dimulai pada tahun 1950-an dan 1960-an, era kualitas pada tahun 1970-an dan 1980-an, era fleksibilitas dalam tahun 1980-an dan 1990-an, dan saat ini berada dalam era globalisasi dan era informasi yang ditunjang oleh inovasi dan akibat perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Era informasi ini ditandai dengan adanya ledakan informasi yang tersedia dalam berbagai media, khususnya internet menyebabkan banyaknya pilihan sumber informasi yang seringkali membingungkan. Menyikapi kondisi ledakan informasi tersebut diperlukan pengelolaan informasi secara profesional, dalam hal ini penulis mengusulkan konsep industri informasi ilmiah di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (PDII – LIP). Dengan terwujudnya industri informasi maka konsep komersialisasi informasi juga dapat diterapkan.

Download: Mahmudi-Industri informasi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>