Kajian Ekonomik Inovasi Domba Sei Putih

By on June 23, 2017

Kajian ekonomikInfo Baru Vol. 13 No. 6 Juni 2017-ac

Ternak domba memiliki peran yang sangat strategis bagi kehidupan masyarakat perdesaan dan berkembang cukup baik sesuai dengan agroekosistem yang ada. Seiring dengan perkembangan jaman, ternak domba juga berfungsi dalam memenuhi kebutuhan pasar qurban dan aqiqah, disamping sebagai penghasil daging domba pada umumnya. Kontribusi domba dalam memenuhi kebutuhan daging nasional relatif masih kedl, sekitar 3-4 persen. Saat ini permintaan di dalam negeri masih dapat dicukupi oleh produk lokal. Namun terdapat kecenderungan yang nyata bahwa dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan tingginya tingkat urbanisasi, permintaan daging domba juga cenderung terus meningkat.

Buku dengan judul “Kajian Ekonomik Inovasi Domba Sei Putih” ini membahas tentang ternak Sei Putih yang sekarang menjadi Loka Penelitian Kambing Potong sejak tahun 1990-an dengan melakukan uji multi lokasi, domba ini terus berkembang di masyarakat dan dipandang perlu untuk mengetahui kelayakan ekonomik dari inovasi ini. Di samping itu juga menganalisis sejauh mana usaha tersebut dapat memberikan keuntungan yang prospektif sehingga usaha ini berkembang dan berkelanjutan serta kemungkinan akan mempengaruhi pasokan dan permintaan terhadap teknologi baru.

Buku ini bisa terbit karena usaha keras dari tim yang telah berpartisipasi sehingga buku ini dapat diterbitkan. Semoga berbagai informasi yang dimuat dalam buku ini dapat memberikan inspirasi bagi kita semua untuk meningkatkan kinerja usaha Domba Sei Putih. (jae)

Daftar isi: Kajian Ekonomik Inovasi Domba Sei Putih

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>