Koleksi Kebun Raya Lombok: Tumbuhan Sunda Kecil

By on December 18, 2017

Koleksi KebunInfo Baru Vol. 13 No. 12 Desember 2017-r

Sebagai pihak yang berperan sentral dalam memberikan dukungan dan asistensi substansial di bidang perkebunrayaan, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI terus berupaya mendorong pemerintah daerah untuk berperan aktif dalam kegiatan percepatan pembangunan kebun raya daerah. Salah satunya adalah penataan koleksi sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Kebun Raya Lombok merupakan salah satu dari 27 kebun raya daerah yang dibangun dengan mengusung tema “Tumbuhan Kepulauan Sunda Kecil: Kebun Raya Lombok hadir sebagai salah satu representasi dari 47 ekoregion yang ada di Indonesia, yang mewakili kawasan ekoregion hutan gugur daun Kepulauan Sunda Kecil.

Buku dengan judul “Koleksi Kebun Raya Lombok: Tumbuhan Sunda Kecil” ini berusaha menunjukkan wujud nyata pengembangan kawasan konservasi tumbuhan ex situ dalam bentuk kebun raya daerah. Penerbitan buku tentang koleksi tumbuhan Kepulauan Sunda Kecil ini merupakan wujud dukungan dan asistensi substansial di bidang perkebunrayaan dati Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI terhadap Kebun Raya Lombok. Jenis-jenis koleksi tumbuhan Sunda Kecil yang dipaparkan merupakan tumbuhan berpotensi sebagai bahan pangan, sandang, papan, obat-obatan, penghias taman atau ruangan, dan lain-lain. Setiap koleksi tumbuhan dilengkapi nama daerah, ciri-ciri, sebaran, habitat, cara pembudidayaan, kegunaan, dan status konservasinya.

Kedahadiran buku ini diharapkan menjadi sumbangsih yang bermanfaat, baik untuk penulis sendiri maupun pihak-pihak yang membutuhkan serta menginspirasi generasi muda agar menjadi generasi yang senantiasa dapat menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati Indonesia. (jae)

Daftar isi: Koleksi Kebun Raya Lombok_ Tumbuhan Sunda Kecil

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>