Kompleksitas Pembangunan dan Strategi Pemberdayaan Keluarga di Perbatasan Sibatik

By on January 30, 2015

KompleksitasInfo Baru Vol. 11 No. 1 Januari 2015-ag

Wilayah Sebatik mempunyai kedudukan yang sangat vital strategis dilihat dari aspek ketahanan. Wilayah tersebut memnpunyai kondisi yang strategis karena berbatasan langsung dengan negara Malaysia yang tingkat perkembangan ekonominya jauh lebih maju. Kondisi ini sangat mendukung kegiatan sosial-ekonomi penduduk Sebatik. Dalam kehidupan sehari-harinya, penduduk Sebatik biasa melakukan sosial-ekonomi dengan penduduk Sabah, Malaysia. Kondisi tersebut telah memungkinkan penggunaan Ringgit sebagai alat bayar dalam transaksi perdagangan. Selain itu, di daerah perbatasan tersebut ditengerai telah terjadi ilegal seperti dalam bentuk illegal fishing maupun illegal trade.

Hal tersebut menunjukkan bahwa wilayah perbatasan tergolong rawan dilihat dari perspektif ketahanan nasional antara lain pada gatra ekonomi, gatra demografi, gatra pertahanan dan gatra sosial-budaya. Oleh karena itu, peningkatan ketahanan dan pengurangan kemiskinan dalam konteks pembangunan perbatasan merupakan prioritas nasional yang harus dilaksanakan baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur maupun Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Kendati wilayah Sebatik mempunyai sumberdaya alam yang potensial (perkebunan, pertanian, dan perikanan), namun pemanfatannya belum optimal. Akibatnya, hampir sepertiga jumlah keluarga di daerah Sebatik masih hidup di bawah garis kemiskinan. Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan kerniskinan di daerah tersebut adalah dengan melakukan pemberdayaan kelompok keluarga miskin dengan pendekatan yang multi-dimensional. Upaya pemberdayaan keluarga merupakan perjuangan dalam pemenuhan hak-hak dasar seperti yang ditetapkan dalam UUD 45 pasal 27, ayat (2) “tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”.

Daftar isi: Kompleksitas Pembangunan dan Strategi Pemberdayaan Keluarga di Perbatasan Sibatik

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>