Laporan Pelaksanaan RB PDII 2017

By on February 18, 2018

COVER_RB_2017Laporan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi PDII LIPI tahun 2017 ini merupakan kelanjutan Laporan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi PDII LIPI tahun 2016 dengan aspek utama pelaporan adalah proses pembangunan Zona Integritas yang difokuskan pada penerapan 6 (enam) Area Perubahan, yakni: Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit.

Beberapa kegiatan berkaitan dengan percepatan Reformasi Birokrasi telah diupayakan dalam rangka penerapan Reformasi Birokrasi antara lain dengan kegiatan sosialisasi, bimbingan teknis dan workshop Zona Integritas. Kegiatan Reformasi Birokrasi telah dilaksanakan secara terus-menerus sejak tahun 2012-
2016. Pada tahun 2017, PDII melalui program jargon perubahan “IDAMAN” dalam Pembangunan Zona Integritas sudah mulai dilaksanakan dalam rangka membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan LIPI. Harapan besar dari jargon tersebut bukan hanya sebatas formalitas, namun upaya untuk menuju ke arah perubahan yang lebih baik.

Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Zona Integritas, dalam hal ini terdiri atas para auditor dari Inspektorat LIPI memberikan penilaian yang cukup terhadap kondisi pelaksanaan Zona Integritas di PDII LIPI, yakni 78,81 dan secara ketentuan sudah memenuhi syarat minimal untuk dikategorikan ke satuan kerja yang berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Namun hal ini masih perlu perbaikan dan peningkatan dari beberapa aspek terutama pada aspek pengawasan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi itu sendiri. Hal ini merupakan cambuk sekaligus kabar gembira bagi Tim Reformasi Birokrasi PDII khususnya untuk semakin berbenah lebih baik lagi di tahun yang akan datang.

Dokumen Lengkap: Laporan RB 2017_PDII LIPI

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>