Laporan Survey Kepuasan Masyarakat 2017

By on February 22, 2018

COVER SKM 2017Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh aparatur pemerintah yang diterima oleh masyarakat dirasakan masih kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kualitas layanan dan paradigma baru serta sikap mental petugas layanan yang berorientasi melayani, bukan dilayani. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan PDII‐LIPI dilakukan sebagai upaya untuk: (1) mengetahui tingkat kinerja petugas layanan dan kualitas pelayanan; (2) mendapatkan suatu gambaran pendapat/persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik; serta (3) mendapatkan bahan masukan untuk evaluasi dan penetapan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik di masa mendatang.

Ruang lingkup SKM ini mengacu dan mangadopsi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik., yang mencakup: (1) persyaratan layanan; (2) prosedur pelayanan; (3) waktu pelayanan; (4)biaya layanan; (5) ketentuan layanan; (6) kompetensi pemberi layanan; (7) kesopanan dan keramahan; (8) standar pelayanan; dan (9)penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Kegiatan SKM ini dilakukan pada bulan Januari – Desember 2017 melalui penyebaran kuesioner SKM secara online kepada pengguna, khususnya pengguna jasa ISSN dan perpustakaan. Pada tahun 2017 ini diketahui sejumlah 223 responden yang merespon dan mengisi kusioner SKM. Hasil survei menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik PDII-LIPI masih dalam kategori baik, dengan nilai 81,378. Hasil nilai tersebut tentunya menjadi perhatian bagi lembaga mengingat tahun 2016 nilai IKMnya lebih baik dari saat ini, yakni sebesar 81,769 (berdasarkan peraturan lama memiliki kategori sangat baik). Lembaga harus mengoptimalkan sumber dayanya guna meningkatkan kualitas pelayanannya yang lebih baik di masa mendatang.

Link File : Laporan SKM PDII-LIPI Tahun 2017

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>