LIPI Sosialisasikan SNI Bidang Dokumentasi dan Informasi

By on September 14, 2017
IMG_3248Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) menyosialisasikan Standar Nasional Indonesia (SNI) bidang dokumentasi dan informasi (Dokinfo) pada Rabu (13/9). Sosialisasi ini ditujukan agar pemanfaatan SNI bidang Dokinfo untuk pengembangan Iptek lebih optimal lagi.

Untuk diketahui, PDII LIPI saat ini merupakan Sekretariat Komite Teknis 01.05 bidang Dokinfo. Satuan kerja LIPI ini telah ditunjuk oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk merumuskan standar nasional di bidang dokumentasi dan informasi sejak 2013.

Sebagai sekretariat komite teknis, PDII LIPI telah memiliki lima Rumusan SNI sepanjang 2014 hingga 2016. Kelima rumusan itu adalah SNI ISO 215:2014 tentang penyajian artikel pada terbitan berkala dan berseri lainnya; SNI ISO 18:2015 tentang daftar isi terbitan berkala; SNI ISO 1086:2015 tentang lembar judul buku; SNI ISO 832:2016 tentang deskripsi dan rujukan bibliografis – aturan penyingkatan istilah bibliografis; dan SNI ISO 26324:2016 tentang sistem digital objek identifikasi.

Kelima rumusan ini pun disosialisasikan secara intens kepada para pengelola jurnal, peneliti, penerbit, dewan editor, pejabat penentu kebijakan, dan pustakawan.  “Saya berharap sosialisasi ini gencar dilakukan agar menciptakan iklim tata kelola informasi dan dokumentasi yang lebih baik di kalangan lembaga penelitian dan perguruan tinggi,” ungkap Pelaksana Tugas Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito dalam sosialisasi SNI bidang Dokinfo yang digelar di Gedung PDII LIPI Jakarta ini.

Mego katakan, ke depannya agar kegiatan sosialisasi serupa dilakukan lebih luas lagi. Tidak hanya di Jakarta saja, tetapi juga dilakukan di kota-kota lain di Indonesia. Sosialisasi juga bisa bekerja sama dengan instansi terkait, seperti BSN, Perpustakaan Nasional, dan Perguruan Tinggi.

Sri Hartinah, Kepala PDII LIPI sekaligus Ketua Komite Teknis 01.05 menambahkan, sosialisasi SNI yang digelar kali ini adalah memberikan pemahaman lebih intensif terhadap beragam SNI bidang Dokinfo yang dikeluarkan BSN. “Sebab selama ini pemahaman dan penerapan pengguna SNI masih belum optimal. Dengan sosialisasi tersebut, maka diharapkan pemahamannya lebih meningkat,” tutupnya.

Sosialisasi SNI sendiri dihadiri puluhan peserta. Sedangkan, narasumber kegiatan ini adalah para pakar mumpuni dari berbagai lembaga terkait SNI bidang Dokinfo. (wtk/ys-PDII LIPI/ed: pwd)

Sivitas Terkait : Ir. Sri Hartinah M.Si.

Materi sosialisasi dapat download di sini.

Sumber: http://lipi.go.id/berita/LIPI-Sosialisasikan-SNI-Bidang-Dokumentasi-dan-Informasi/19042

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>