Panduan Geowisata: Menelusuri Jejak Dinamika Bumi pada Rangkaian Pegunungan Serayu dan Pantai Selatan Jawa

By on February 19, 2017

GeowisataInfo Baru Vol. 13 No. 2 Februari 2017-af

Buku yang berjudul “Panduan Geowisata: Menelusuri Jejak Dinamika Bumi pada Rangkaian Pegunungan Serayu dan Pantai Selatan Jawa” ini hadir bertujuan untuk memberikan informasi mengenai jenis wisata yang belum banyak dikenal masyarakat, yakni geowisata. Sebagai salah satu jenis pariwisata minat khusus, geowisata menawarkan keindahan bentang alam dan batuan serta berbagai fenomena-fenomena kebumian. Pegunungan Serayu dan Pantai Selatan Jawa merupakan daerah yang sangat potensial untuk dapat dijadikan tujuan geowisata utama di Pulau Jawa.

Geowisata di Pulau Jawa ini memiliki begitu banyak objek wisata yang terkait dengan geowisata. Selain itu juga memiliki keunikan tersendiri yang harus dikembangkan untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan. Salah satu caranya adalah mengembangkan konsep geowisata, yang merupakan jenis wisata minat khusus dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam geologi sebagai daya tarik. Objek geowisata yang bisa dikembangkan di antaranya adalah bentuk bentang alam, batuan penyusun, struktur geologi, dan sejarah bumi di lokasi objek wisata. Titik berat kunjungan geowisata adalah untuk memahami dan memperkaya wawasan para wisatawan terhadap proses pembentukan fenomena fisik kebumian. Geowisata dapat juga dikembangkan pada objek-objek wisata alam yang sudah ada, pada kawasan cagar geologi ataupun pada daerah-daerah pertambangan (aktif ataupun nonaktif).

Terbitnya buku panduan ini selain sebagai sarana program sosialisasi geowisata Indonesia bagi masyarakat luas juga diharapkan bisa membantu para peminat bidang kebumian dalam memahami gejala-gejala alam, termasuk menjadi panduan dalam kegiatan ekskursi di sekitar Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung dan Karst Gombong Selatan. (jae)

Daftar isi: Panduan Geowisata: Menelusuri Jejak Dinamika Bumi pada Rangkaian Pegunungan Serayu dan Pantai Selatan Jawa

One Comment

  1. Anton

    February 19, 2017 at 8:11 pm

    Sudah membaca sedikit. Buku yang menarik sekali tentang wisata alam.
    http://www.neliti.com

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>