Panduan Pustaka (Pathfinder): Budidaya Jamur Merang (Volvariella volvacea)

By on March 14, 2017

Budidaya jamur Merang-CoverJamur merang merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur ini memiliki nama latin  Volvariella volvacea, sinonim: Volvaria volvacea, Agaricus volvaceus, Amanita virgata atau Vaginata virgata. Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Pada tubuh buah jamur merang dewasa, tudung berkembang seperti cawan berwarna coklat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda. Jamur merang yang dijual untuk keperluan konsumsi adalah tubuh buah yang masih muda yang tudungnya belum berkembang.

Budidaya jamur merang sangat prospektif. Selain mempunyai banyak penggemar, harga jual jamur merang cukup tinggi. Oleh karena itu, budidaya jamur merang memiliki peluang cukup besar untuk mendatangkan keuntungan. Jamur merang dibudidayakan didalam bangunan yang disebut kumbung. Jamur ini tumbuh baik pada media merang dan jerami yang telah terkomposkan. Namun dalam praktik lebih lanjut, budidaya jamur ini juga tumbuh baik pada kompos sampah kertas, tandan kosong sawit, kompos batang pisang dan kompos bio massa pada umumnya. Tahapan dalam budidaya jamur merang meliputi: pembuatan kumbung (tempat budidaya); persiapan media tumbuh; konstruksi pembangkit uap; pengisian media tumbuh dan pasteurisasi; penyiraman; pemeliharaan; dan pemanenan hasil.

Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Fungi

Divisi      : Basidiomycota

Kelas       : Homobasidiomycetes

Ordo        : Agaricales

Famili      : Pluteaceae

Genus      : Volvariella

Spesies    : V. Volvacea

Nama binomial: Volvariella volvacea

Panduan Pustaka (Pathfinder) tentang Budidaya Jamur Merang ini merupakan kumpulan daftar koleksi yang dimiliki PDII-LIPI, memuat 114 judul bibliografi yang dilengkapi anotasi, terdiri atas:

  1. Koleksi Buku (Koleksi umum dan Teknologi Tepat Guna), 73 entri
  2. Koleksi Makalah, 7 entri
  3. Koleksi Laporan Penelitian, Tesis, dan Disertasi, 14 entri
  4. Koleksi Artikel Jurnal, 20 entri

Informasi lebih lanjut, hubungi: UPJ. PDII-LIPI Serpong, Telp. 021-7560537 atau email: pdiiserpong@yahoo.com.

Download : Panduan Pustaka “Budidaya Jamur Merang”

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>