Peran LIPI dalam Pembangunan Nasional 2010-2014

By on October 2, 2014

Info Baru Vol. 10 No. 10 Oktober 2014-f

Puji syukur ke hadirat Allah Swt. karena atas perkenan-Nya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sarnpai pada tahun terakhir periode RPJMN 2010-2014 ini, baik dalam bidang penelitian, pelayanan jasa, maupun pembinaan perkembangan kelembagaan ilrnu pengetahuan dan teknologi (iptek). LIPI telah menghadirkan Iptek untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan bagi rakyat Indonesia melalui penerapannya di berbagai sektor kehidupan yang dicapai melalui dukungan kerja sarna dengan mitra kerja dari berbagai institusi.

Kemajuan peradaban bangsa ditandai oleh kemajuan tingkat keilrnuan. Untuk membangun suatu tingkat peradaban tertentu, yang harus dilakukan adalah membangun tradisi keilmuan tersebut sehingga dikatakan bahwa ilmu pengetahuan merupakan kunci bagi kemajuan peradaban manusia. Oaya saing suatu bangsa bahkan ditentukan oleh keunggulan dan penguasaan iptek oleh bangsa tersebut. Kemajuan iptek dapat menjawab permasalahan bangsa dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Mengingat pentingnya pembangunan iptek bagi kemajuan bangsa Indoneisa maka dukungan terhadap penguasaan iptek harus lebih ditingkatkan. Minat dan kesadaran terhadap iptek harus ditumbuhkembangkan pada masyarakat, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa.

Buku ini menyajikan kiprah LIPI selarna kurun waktu tahun 2010 sampai dengan pertengahan tahun 2014 dalam upaya menjalankan amanah RPJMN 2010-2014. Informasi yang ada dalam buku ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban LIPI terhadap stakeholders dan masyarakat pada umumnya, dan diharapkan dapat dipergunakan oleh rnasyiirakat yang memerlukannya.

LIPI berperan dalarn mendukung tercapainya empat bidang prioritas nasional, yaitu ketahanan pangan, energi, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, serta kebudayaan, kreativitas dan inovasi teknologi. Berbagai kegiatan LIPI diarahkan untuk menghasilkan output yang Besar, Signifikan dan Nyata (BSN). Besar artinya hasil tersebut besar pengaruhnya bagi stakeholders. Signifikan bermakna bahwa hasH kajian LlPI punya kontribusi besar dalam pengembangan ilmu garda depan. Nyata berarti hasil kajian LlPI dapat dimanfaatkan secara langsung derni kepentingan dan berkontribusi pada salah satu atau beberapa sektor kemanfaatan, baik untuk kepentingan industri pengembangan keilmuan, maupun bagi masyarakat.

Daftar isi: Peran LlPI dalam Pembangunan NasionaI 2010-2014

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>