Hack forum Forum Hack warez forum alfa shell wso shell organik ziyaretci recovery shell wso shell indoxploit shell hacklink hacklink paketleri hacklink nedir hacklink panel
Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal –

Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal

By on December 15, 2017

PerempuanInfo Baru Vol. 13 No. 12 Desember 2017-o

Latar belakang dibentuknya kajian mengenai perempuan pemimpin politik lokal adalah adanya kesenjangan antara kenyataan empiris berupa semakin banyaknya perempuan pemimpin politik yang muncul dan mewarnai dinamika politik lokal, terutama sejak diperkenalkannya pilkada langsung tahun 2005 (dengan UU No. 32/2004, UU No. 8/2015, dan terakhir UU No. 10/2016), dan masih sedikitnya kajian yang menganalisis faktor-faktor empiris di balik kemunculan dan kemenangan perempuan pemimpin politik lokal. Padahal fenomena kemunculan dan kemenangan para perempuan dalam politik lokal ini menandakan adanya perkembangan baru mengenai gender, perempuan, agama, budaya, dan politik lokal di Indonesia, yang tidak boleh dilewatkan dalam analisis besar mengenai perkembangan politik lokal di Indonesia pasca-Soeharto.

Buku bunga rampai dengan judul “Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal” ini mengulas¬†kemunculan dua perempuan kepala daerah yang memiliki kekerabatan kuat, yaitu Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kota Tangerang Selatan dan Anna Sophanah sebagai Bupati Indramayu. Pemilihan kedua perempuan ini didasari pertimbangan karena keduanya memiliki hubungan khusus dengan para politisi laki-Iaki yang lebih dahulu menjabat posisi politik formal yang kemudian memfasilitasi kemunculan mereka.

Diharapkan bunga rampai ini dapat mendorong agar pilkada langsung menjadi sarana untuk mewujudkan narasi substantif perempuan (substantive narratives of women) dan bukan sekadar narasi simbolis perempuan (symbolic narratives of women). Peran pemerintah dalam memberantas politik dinasti yang terjadi di daerah juga harus dilakukan agar setiap orang yang berkeinginan maju dalam pilkada langsung memiliki kesempatan yang sama tanpa adanya intervensi dari jejaring oligarki lokal. (jae)

Daftar isi: Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>