E-Library PDII –LIPI “Bibliotainment”

Redaksi PDII October 14, 2010 0

Bibliotainment, merupakan nama dari sistem dan tempat akses E-library yang ada di PDII-LIPI. Untuk dapat mengakses bibliotainment bisa langsung datang ke PDII-LIPI lantai 1, dimana pengunjung akan dilayani dengan format tampilan layanan baru yang nyaman dengan sarana dan prasarana yang mendukung e-library salah satunya menggunakan tampilan “touch screen” dimana pengunjung masuk bisa merasakan kehadiran perpustakaan nyata meskipun ada di depan computer. Adapun sistem untuk bisa akses baik dari dalam maupun luar dapat melalui alamat: http:// elib.pdii.lipi.go.id, tampilan ditunjukan dalam gambar 1. Adapun fitur tampilan yang ada saat ini akan dijelaskan dalam bagian berikut ini:

 

 

Buku Elektronik
Buku Elektronik merupakan akses terhadap koleksi buku yang dibeli secara elektronik oleh PDII-LIPI dari pengelola database ternama seperti Science Direct, Springer Link, Proquest dan lainnya. Buku tersebut diunduh dan disimpan dalam server PDII-LIPI, untuk kemudian ditampilkan kembali dalam tampilan 3 dimensi sehingga pengunjung akan dibawa seolah-olah membaca buku yang sebenarnya di perpustakaan. Keunggulan lain dalam tampilannya yaitu dapat mencari kata dalam setiap halaman buku, sehingga pengguna tidak perlu melihat indeks dan membolak-balik buku tersebut.
Buku elektronik hanya dapat diakses melalui intra LIPI, atau membaca di lokasi “Bibliotainment” yang ada di gedung PDII-LIPI lantai 1. Hal tersebut dilaksanakan mengingat buku yang ditampilkan merupakan buku yang memiliki copy right, sehingga memiliki keterbatasan, sesuai dengan aturan kaidah keperpustakaan.  Berikut ini gambar tampilan ketika kita mengakses buku elektronik dalam bibliotainment.

 

 

 

Multimedia
Multimedia merupakan koleksi video dari hasil penelitian yang didokumentasikan, teknologi tepat guna, tarian nusantara dan berbagai koleksi lainnya. Video ditampilkan dengan durasi terbatas (streaming), sehingga apabila ingin isi seluruh video tersebut dapat menghubungi PDII-LIPI atau langsung menghubungi pemilik konten video tersebut.

 

ISJD (Indonesian Scientific Journal Database)

ISJD berisi seluruh jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia. ISJD secara resmi telah diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Penerbit yang telah tergabung dalam ISJD hampir 4.000 penerbit dan yang telah dimasukkan datanya lebih dari 58.000 artikel  dengan 39.000artikel “full text”. Sampai bulan September 2010 tercatat lebih dari 500.000 pengunjung yang telah akses dari 77 negara dan 90 kota di Indonesia. Pengembangan sistem yang telah selesai yaitu ISSN online, Direktori jurnal,  dan sistem pencarian. Sedangkan pengembangan yang masih dilaksanakan yaitu akreditasi on-line, Decision support system, thesaurus on-line dan sistem indeks sitasi.

Jurnal Asing
Jurnal asing merupakan akses menuju koleksi E-journal luar negeri yang dilanggan. Untuk tahun ini Jurnal yang dapat diakses yaitu jurnal dari database “Science Direct”, “Springer Link” dan “Proquest”. Untuk dapat mengakses secara full text terhadap koleksi tersebut hanya dapat dilaksanakan melalui intra LIPI atau datang langsung ke tempat layanan Bibliotainment PDII-LIPI.
Karya Ilmiah Indonesia
Karya Ilmiah Indonesia berisi makalah hasil seminar ilmiah (prosiding Ilmiah), Laporan Penelitian, Tesis/Disertasi, Paten, Buku, yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia. Karya Ilmiah ini menggunakan sistem aplikasi LARAS (library archive analysis system). Dimana keunggulan dari penggunaan sistem ini yaitu kita dapat mengetahui statistik dan perkembangan dari  Lembaga Penelitian/Institusi, Penulis, dan Bidang Keilmuan dalam menghasilkan karya ilmiah. Sehingga kita dapat membandingkan produktivitas dari institusi dan penelitinya dalam menghasilkan karya ilmiah disamping mengetahui trend penelitian suatu bidang ilmu.

Direktori Kepakaran
Direktori kepakaran berisi seluruh profil dan karya dari pakar yang ada di Indonesia khususnya Peneliti. Pada tahun 2010 direktori pakar ini hanya memuat pakar yang ada di LPNK, dan 2011 ditargetkan akan diintegrasikan dengan pakar yang ada di perguruan tinggi. Berikut ini contoh tampilan yang ada dalam direktori.

Pengembangan  System dan Konten Bibliotainment
Sistem Bibliotainment yang diluncurkan pada tanggal 13 Oktober merupakan tampilan dasar (versi 1.0) yang terus dikembangkan, dan akan adanya penambahan sistem lain yaitu Profil Daerah dimana akan berisi potensi dan informasi dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Kemudian Integrated Library yang merupakan katalog perpustakaan yang terintegrasi dengan LPNK, sehingga pengguna dapat mengetahui  di perpustakaan mana buku yang dicarinya. Sistem ini mengadopsi “interlibrary loan”, yang sudah menjadi tradisi perpustakaan di Indonesia.
Konten Bibliotainment terutama Buku Elektronik hanya berjumlah 50 buku, namun ditargetkan sampai akhir tahun 2010 menjadi 500 buku, dari penerbit science direct dan springer link. Sedangkan multimedia berupa video pada saat launching hanya berisi 15 video namun akhir tahun 2010 ditargetkan bisa diupload menjadi 400 video. Sedangkan database pakar saat diluncurkan berisi 1.500 pakar namun belum lengkap dengan karyanya, ditargetkan akhir tahun 2010, 750 pakar beserta karyanya dapat diakses dalam bibliotainment.

 

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »