Radiasi Elektromagnetik Pada Alat Telekomunikasi Militer MIL-STD 461E

Arifah Sismita March 29, 2011 0

altPeralatan elektronik dan kelistrikan pada saat diaktifkan dapat meradiasi gelombang elektromagnetik (EM). Energi yang diradiasikan tergantung pada energi listrik dan frekuensi yang mengaktifkan peralatan tersebut. Apabila peralatan tersebut tidak memenubi persyaratan standar Electromagnetic Compatibility (EMC) yang diperuntukkannya maka semakin tinggi frekuensinya semakin tinggi pula energi yang diradiasikan. Peralatan seperti pemancar radio, TV, handphone, dan microwave oven adalah peralatan yang memang digunakan untuk memancarkan gelombang EM sehingga harns mendapatkan perhatian khusus dan memenubi persyaratan standar karena radiasi gelombang EM dapat mengganggu peralatan lain bahkan dapat mengganggu manusia dan lingkungannya. Sementara itu, peralatan elektronika dan kelistrikan alat rumah tangga dan perkantoran seperti seterika listrik, kulkas, AC, lemari pendingin, mesin cuci, pompa air, sound system, dan komputer tidak luput dari pengarub EMC.

Pada era digital sekarang ini, semakin banyak peralatan elektronik yang bekeJja pada frekuensi yang lebib tinggi. Dengan kata lain, radiasi pada frekuensi yang lebih tinggi juga akan semakin banyak dan gangguan yang ditimbulkannya tentu semakin banyak pula. Dengan demikian, peran EMC dalam menjamin peralatan elektronika dan kelistrikan yang aman buat manusia dan lingkungannya juga semakin besar.

Peralatan elektronik dan kelistrikan khusus untuk militer mempunyai persyaratan yang lebih ketat, peralatan hams dapat diandalkan. Jangan sampai informasi yang dikirim dapat disadap atau dijam oleh musuh. Selain itu, peralatan militer sering kali digunakan dalam situasi dan kondisi yang ekstrim. Oleh karena itu, harns ada standar khusus yang mengatur peralatan komunikasi militer agar memenuhi persyaratan. MIL-STD 461 dari Amerika Serikat menjadi acuan bagi banyak militer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahasan buku ini, selain memberikan gambaran tentang EMC, juga menitikberatkan pada pembahasan alat komunikasi militer.

Dengan menggunakan bahasa yang sederhana, menghindari penggunaan rumusan matematis yang rumit, buku ini diharapkan dapat dipahami oleh pemula yang belum tahu tentang EMC dan selukbeluknya. Semoga buku ini bermanfaat bagi khalayak luas.

Download daftar isi: Radiasi Elektromagnetik Pada Alat Telekomunikasi Militer MIL-STD 461E
http://softdroid.net/radiasi-elektromagnetik – Ukraine translation of this web page (by Android SDK).

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »