Kajian Kitab Karangan Ulama Lokal

Wagiyah June 7, 2011 0

altInfo Baru Vol. 7 No. 6 Juni 2011-d

Segala puji syukur ke hadirat Allah, al-Hamdulillah, karena anugerah petunjuk dan kekuatan dari-Nya, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang dapat menerbitkan buku yang sekarang hadir di hadapan para pembaca. Buku ini merupakan rangkuman dari hasil-hasil penelitian terhadap kitab-kitab klasik karya ulama-ulama Indonesia. Kegiatan penelitian dan penerbitan ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi Balai Litbang Agama Semarang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan LitBang dan Diklat Kementerian’Agama guna memperoleh bahan-bahan kajian untuk penyusunan kebijakan Kementerian Agama dalam melaksanakan pembangunan nasional di bidang keagamaan.

Pelestarian terhadap naskah-naskah klasik dan khazanah intelektual ulama-ulama Indonesia termasuk menjadi program penting dari Kementerian Agama. Hal ini mengingat tidak sedikit ulama Indonesia yang berkontriusi menambah khazanah Islam tradisional dengan mengarang kitab-kitab klasik. Karya-karya ulama lokal ini ternyata tidak kalah dengan karya-karya ulama dari luar Indonesia, seperti karya ulama Timur Tengah yang dikenal dengan kitab kuning. Karya-karya ulama lokal memiliki kemudahan dalam mempelajarinya dibandingkan mempelajari kitab kuning.karenapenggunaanbahasa, hurufatautulisan, dan penjelasan lokal lebih familiar bagi para santri. Bahasa yang dipergunakan sebagai pengantar umumnya bahasa daerah atau bahasa lokal seperti bahasa Jawa, Melayu (Arab Pegon), dan bahasa Sasak. Penulisan umumnya dengan huruf Arab Pegon, sehingga memudahkan santri yang tidak menguasai ilmu kebahasaan Arab seperti ilmu Nahwu, ilmu Sharaf, dan sebagainya.
 
Penerbitan buku "KAJIAN KITAB KARANGAN ULAMA LOKAL” ini merupakan bagian dari upaya pelestarian kitab-kitab k1asik dan khazanah intelektual karya ulama Nusantara. Buku ini memuat hasil-hasil penelitiari terhadap kitab-kitab klasik yang ditulis oleh ulama asli Indonesia dari Kalimantan Selatan,Jawa Timur,dan NusaTenggara Barat.Dengan penerbitan ini,diharapkan masyarakat menjadi lebih mengenal karya-karya u1ama Indonesia sendiri. Selain itu,kajianatau penelitian ini juga mampu mengantarkan pembaca pada substansi kitab-kitab klasik tersebut sehingga memberi pemahaman terhadap isi yang disampaikan para ulama lokal tersebut.

Upaya penerbitan ini tentu saja dapat terwujud dengan bantuan banyak pihak, terutama dalam proses penyuntingan naskah yang tidak mudah, dari , laporan-laporan hasil penelitian hingga menjadi-suatu buku bunga rampai ‘ yang banyak dibaca oleh semua kalangan. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dr. Abdul  Muhayya, MA. yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran guna menyunting buku ini.

Kami berharap melalui penerbitan bukuini akan semakin menggugah kesadaran masyarakat dalam mencintai khazanah ulama lokal, dan menggairahkan upaya pelestarian kitab-kitab klasik kekayaan intelektual ulama Nusantara. Buku ini tentunya juga memiliki kelemahan dan kekurangan, oleh karena itu kami mengharap masukan dan saran-saran, sehingga dalam penerbitan dan penelitian tentang lektur keagamaan di Balai Litbang Agama Semarang akan menjadi semakin baik Selamat membaca!
 

Download daftar ini: Kajian Kitab Karangan Ulama Lokal

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »