villa di puncak

villa bali

PERPUSTAKAAN DIGITAL

Mashur January 23, 2012 3

Sumber: http://4.bp.blogspot.com/-aJW28eMl0HU/TaV-mERvocI/AAAAAAAACDE/C_F7UIYef-M/s1600/tesisku+di+internet.jpg

Perpustakaan digital (digital library, elekctronic library, virtual library) adalah bentuk perpustakaan yang memiliki koleksi buku-buku dalam bentuk format digital, dan bisa diakses melalui komputer. Perpustakaan digital sangat berbeda dengan perpustakaan konvensional, yang masih berupa koleksi buku-buku tercetak, mikro film, kaset audio, video dan lain sebagainya. Sedangkan koleksi buku-buku atau data yang ada di perpustakaan digital, semua berada dalam suatu server komputer. Server komputer ini bisa ditempatkan baik di lingkungan setempat, atau di tempat lain yang berada cukup jauh dari pusat para pencari data, hal demikian itu dikarenakan pengguna dapat mengakses data perpustakaan digital tersebut melalui jaringan komputer.

Awal diperkenalkan perpustakaan digital melalui proyek NSF/DARPA/NASA:Digital libraries Initiative di tahun 1994. Saat ini dikenal banyak perpustakaan digital seperti Gutenberg, ibiblio, internet archive dan proyek yayasan Wikimedia yang termasuk wikisource, Wikipedia, wiktionary, wikiquote, wikibooks, wikinews, wikispecies, wikiversity, commons, meta-wiki, mediawiki, dan yang lainnya.

Definisi Perpustakaan Digital:
Perpustakaan Digital adalah perpustakaan yang seluruh koleksi-koleksinya menggunakan format digital yang tersusun dalam arsitektur komputerisasi. Perencanaan dan bentuk dari penampilannya disusun dalam sebuah bentuk kegiatan yaitu proyek perpustakaan digital.

Penelitian proyek perpustakaan digital memakai sistem WWW (world wide web) yang terhubung dengan jaringan internet sebagai alat penyalur informasi utama. WWW mempunyai banyak keunggulan, karena disuport dari berbagai macam protokol komunikasi seperti (HTTP, FTP, Gopher), penggunaan HTML sebagian menggunakan bahasa standard markup, dan kelebihan pada GUI (Graphical user interface)

Merujuk pada DIGLIB, perpustakaan digital merupakan bentuk dari suatu organisasi yang melakukan aktifitas seperti, menyortir, mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan koleksi digital dengan maksud, menjaga, melestarikan dan yang terpenting adalah mendistribusikan kepada para pengguna/pemakai, sehingga para pengguna dengan mudah, cepat, dan tepat dapat mengakses data dan sumber informasi melalui digital tersebut, serta mendapat informasi tentang ilmu pengetahuan yang dicarinya. Di samping itu, organisasi juga membuat dan merancang jaringan dan kerjasama dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada untuk mendukungnya, sehingga terjadi proses saling berbagi pengetahuan (knowledge-sharing) dengan yang lainnya, lebih cepat, dan tepat serta berguna.

Jenis Perpustakaan Digital:
Full Text.
- Pengolahan dan manipulasi data lebih mudah
- Ukuran data leibh kecil
- Data terformat dalam bentuk SGML (Standard Generalized Markup Language)
Page Image.
- Sesuai untuk system Browsing
- Tidak memerlukan font karena berupa file image
Proyek perpustakaan digital meneliti tentang dua hal yaitu:
1. Pendigitalan Dokumen: Meneliti tentang bagaimana mendigitalkan dokumen dan jenis pendigitalan dokumen baik yang berbentuk full text atau page image.
2. Pembangunan Database: Meneliti tentang pembangunan database meliputi pencarian judul, pencarian dokumen, pencarian gambar, katalog database, database gambar, dan database link informasi

Bagian-bagian dari Sistem Utama Perpustakaan Digital.

- Menerima/mengirim Server: Dilakukan penggantian (konversi) digital dari file analog ke dalam bentuk digital. File digital dikirim melalui pengiriman server menuju penerimaan server yang akan menangkap file yang terdapftar dan dibantu oleh knowbot.
- Pendaftaran Server: Pendaftaran server dilakukan untuk pertanggungjawaban: Penerimaan pesan dari Knowbot yang membawa informasi baru, pendaftaran pengguna baru.
- Pengindeksan , katalogisasi dan referensi server: Melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap file-file digital yang masuk.
- Database Server: Digunakan untuk memfasilitasi database baru.
- Akuntasi dan Statistik Server: Berfungsi sebagai pengumpul dan penyimpan data yang sesuai dengan penggunaan perpustakaan digital.
- Sistem Billing: Digunakan untuk pengumpulan data mengenai obyek yang baru diregistrasi
- Transformasi Server: Digunakan untuk mengubah masuknya data menjadi bentuk standar perpustakaan digital
- Sistem Perpustakaan Personal: Digunakan untuk mengkombinasikan keseluruhan program sehingga perpustakaan dapat berdiri sendiri.

Ketidak terbatasannya (spectrum) Perpustakaan Digital.

Spektrum dari sistem perpustakaan digital bergarak dari gambar (visual) menuju ke titik yang tidak terlihat (invisible) yang membentuk 6 sistem dan saling tumpang tindih.
- Penyajian tetap
- Isi tetap
- Daftar pertanyaan
- Pusat kontrol data
- Pelaksanaan program
- Struktur pengetahuan

Permasalahan dalam Perancangan dan Pembuatan Perpustakaan Digital.

Di dalam perancangan dan pembuatan perpustakaan digital kecil kemungkinannya menemui kendala, selama bahan dokumen yang diterima itu masih dalam bentuk file elektronik. Masalah atau kesulitan datang ketika, pada saat dokumen yang diterima berupa file non-elektronic, seperti kertas-kertas catatan atau buku cetak dll. Hal demikan merupakan masalah utama yang sering dibahas pada proyek-proyek penelitian, khususnya dalam perancangan dan pembuatan perpustakaan digital.

HAKI:

Hak cipta dokumen yang didigitalkan dalam bentuk mengubah dokumen menjadi digital dokumen, mengentri digital dokumen ke database, mengubah digital dokumen ke hypertext dokumen. Hak cipta dokumen dijaringan komunikasi. Solusi masalah hak cipta ini dikembangkan dalam bentuk ECSM (Electronic Copyright Management System).
Proses Pembuatan Perpustakaan Digital:
- The knowbot Operating Enviroment (KNOE), User Interface, pengumpulan database, Pencarian Natural Language Text
- Pengembangan sistem perpustakaan personal dengan dasar penelitian tahap 1
- Komponen-komponen perpustakaan digital yang diintegrasikan akan membentuk quasi-operational dari perpustakaan digital.
- Proses pelaksanaan perencanaan yang sudah dirancang.

http://id.Wikipedia.org/wiki/perpustakaan-digital

Share on TwitterShare via email



3 Comments »

  1. ramces February 28, 2012 at 10:38 am - Reply

    numpang tanya pak.. perpustakaan digital menggunakan bahasa pemrograman tidak???

    • Afiz May 30, 2012 at 7:08 am - Reply

      @ramces : perpustakaan digital itu merupakan konsep. sedangkan yang menggunakan bahasa pemrograman yaitu aplikasinya yang digunakan dalam perpustakaan digital tersebut. memang kalau kita berbicara digital tentu kita membutuhkan aplikasi dalam penerapannya. semoga cukup jelas :-)

  2. SYAFIUDIN April 11, 2012 at 7:42 pm - Reply

    mohon informasi biaya pembuatan perpustakaan digital buat sekolah

Leave A Response »

http://invite4job.com