food recipes

resep nasi goreng

menu makanan

resep kue

ARSIP Itu Apa

Mashur January 24, 2012 0

Ditinjau etimologi (dari asal kata) Arsip berawal dari bahasa Yunani yaitu “Archea” lama-kelamaan berubah menjadi Archeon yang mengartikan catatan, file, atau dokumen yang berhubungan dengan kepemerintahan. Sedangkan dalam bahasa Latin sendiri, Arsip dikenal dengan sebutan “Fellum” yang bermakna Setumpuk surat atau bendel yang bisa terdiri dari sekumpulan warkat ataupun dokumen. Bukti-bukti hasil suatu pekerjaan organisasi, lembaga pemerintah dll, dikenal dengan sebutan Arsip

Kata arsip pertama kali ditemukan di dalam bahasa Inggris pada abad ke-17, sebutan arsip bermula dari bahasa Latin, Fellum. Lain pendapat mengatakan, sebutan kata arsip berasal dari bahasa Belanda, archief. Dalam keterangan Armosudirdjo (1982, 157-158), archief dalam bahasa Belanda mempunyai banyak arti seperti berikut ini;
• Arsip adalah tempat untuk menyimpan bahan-bahan arsip secara teratur misalnya; bahan-bahan yang tertulis, bentuk surat piagam, surat-surat keputusan (SK), catatan-catatan/akte-akte, daftar-daftar, surat-surat berharga, dokumen, gambar/peta-peta.
• Arsip adalah kelompok dari bahan-bahan yang teratur kearsipan.
• Arsip juga termasuk bahan-bahan arsip itu sendiri.

Di dalam bahasa Inggris sendiri, arsip dikenal dengan sebutan file, yang bermula dari bahasa latin filum yang bermakna tali. Pada mulanya kebiasaan orang-orang Inggris yang menyatukan warkat, lalu mengikatnya dengan tali.
Menurut kamus administrasi perkantoran, file dapat diartikan sbb:
• Lemari yang mempunyai banyak laci, digunakan untuk menyimpan berkas-berkas.
• Sebagian dari warkat sama jenisnya kemudian disimpan secara terpisah dari masing-masing kelompok-kelompoknya di dalam lemari arsip. Misalnya foreign file, untuk menyimpan/mengelompokkan dari berbagai jenis warkat, surat menyurat dengan seseorang/organisasi, badan hukum, lembaga pemerintah dll di luar negeri.
• Arsip merupakan kumpulan warkat yang disimpan secara teratur. Misalnya central file (arsip pusat)

Warkat berasal dari bahasa Arab yang diserap kedalam bahasa Indonesia. Warkat dalam arti bahasa Arab berarti Surat. The Liang Gie (1979,17) filsafat matematika, memberikan penjelasan mengenai warkat. Surat atau warkat adalah sebuah catatan tertulis atau berupa gambar mengenai sesuatu hal atau peristiwa yang dicatat/dibuat orang untuk keperluan sebagai bahan untuk mengingat sesuatu peristiwa atau kejadian. Sedangkan arti warkat dalam bahasa Inggris, adalah catatan/rekaman kejadian atau suatu peristiwa.

Definisi Arsip:
Benda : Dokumen tertulis, (surat, akte, dsb),
Lisan : (pidato, ceramah dll, atau foto, film, dsb) dari waktu yang lampau, kemudian disimpan di media tulis (kertas), elektronik (pita kaset, pita kaset, pita video, disket komputer dsb), dan arsip biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi, disimpan dan diperlihara di tempat khusus untuk bahan referensi;
Utuh pembakuan, pengaturan, dan pengawetan yang diperlukan agar bahan arsip dapat dikenal dan disusun sebagaimana aslinya tanpa ada yang dirusak, dikurangi atau dirubah.
meng-ar-sip-kan.v kata kerja. membuat jadi arsip;
peng-ar-sip. n. kata benda. orang yang mengarsipkan: ia termasuk-yang rapi;
peng-ar-sip-an .n. kata benda. proses, cara, perbuatan mengarsipkan: manajemen yang baik, antara lain, ditandai oleh –yang baik pula.

Arsip ditinjau secara umum.
Arsip adalah salah satu hasil pekerjaan kantor, selain surat-surat, formulir dan laporan terltulis.
Surat : merupakan alat sarana untuk menyampaikan informasi atau penjelasan-penjelasan, baik berupa surat keputusan, permintaan, pernyataan, pemberitahuan dll secara tertulis dari satu pihak ke pihak lainnya.
Formulir : adalah suatu daftar isian yang dibuat dalam bentuk yang sama, berfungsi untuk mencatat dan mengumpulkan serta mengirimkan informasi.
Laporan : adalah setiap tulisan atau keterangan yang berisi informasi hasil dari data yang diolah baik berupa penelitian, penyelidikan terhadap suatu masalah.
Suatu kegiatan atau suatu pekerjaan kantor yang berhubungan erat dengan hal penyimpanan dan pengelolaan warkat, surat dokumen-dokumen ini disebut kearsipan. Kearsipan memegang peranan yang sangat penting, baik kelancaran jalannya proses organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan juga sebagai pusat ingatan untuk kepentingan organisasi.

Melihat arti pentingnya arsip dan kearsipan, pemerintah Indonesia memberikan perhatian yang cukup besar terhadap kearsipan. Ini terbukti dengan diberlakukannya beberapa peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai kearsipan nasional. Secara berurutan, peraturan yang dikeluarkan pemerintah terkait kearsipan adalah sbb:
UU RI. No. 43 Tahun 2009, tentang kearsipan
UU RI. No. 11 Tahun 2008, tentang informasi transaksi elektronik
UU RI. No. 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik
UU RI. No. 8 Tahun 1997, tentang dokumen perusahaan
PP RI. No. 34 Tahun 1979, tentang penyusutan arsip
PP RI. No. 87 tahun 1999, tentang tata cara penyerahan dan pemusnahan dokumen perusahaan.
PP RI. No. 88 Tahun 1999, tentang tata cara pengalihan dokumen perusahaan ke dalam mikrofilm atau media lainnya dan legalisasi
KepPres No. 105 Tahun 2004, tentang pengelolaan arsip statis
KepMen PAN. No. 72/KEP/M.PAN/07/2003, tentang pedoman umum tata naskah dinas.
SE Ka. ANRI. No. SE/01/1981, tentang penanganan arsip inaktif sebagai pelaksanaan ketentuan peralihan peraturan pemerintah tentang penyusutan arsip
SE Ka ANRI. No. SE/02/1983, tentang pedoman umum untuk menentukan nilaiguna arsip
Kep Bersama Ka ANRI dengan Ka BKN. No. 02 tahun 2000/22 tahun 2000, tentang JRA Kepegawaian PNS dan Pejabat Negara.
Bahan:
http:/archieve-fauzyarsip.blogspot.com
www.duniaarsip.com
www.scribd.com
id.shvoong.com
cangkok.com

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »