villa di puncak

villa bali

PUSAT JASA PERPUSTAKAAN PDII-LIPI

Wahid Nashihuddin January 31, 2012 0


Perpustakaan PDII-LIPI saat ini memiliki koleksi yang cukup lengkap dalam bidang IPTEK dan ilmu-ilmu sosial. Beberapa koleksi yang disediakan di Perpustakaan PDII antara lain koleksi dalam terbitan buku, jurnal/majalah, karya hasil penelitian (tesis, disertasi, laporan penelitian/RUT), paten, surat kabar, standar, serta literatur sekunder lainnya seperti bibiografi, kemasan informasi (Seri Panduan Usaha, Pohon Industri, Info RISTEK, dan kemasan lainnya), majalah indeks, dan sari karangan (abstrak). Untuk mengakses layanan perpustakaan PDII, anda (para pemustaka) dapat memanfaatkan jasa layanan perpustakaan di bawah ini:

1. JASA MEJA INFORMASI

Fasilitas ini merupakan bentuk layanan “quick reference” atau layanan informasi cepat yang terkait dengan jasa informasi dan koleksi perpustakaan. Layanan yang tersedia berupa layanan online dan via-telepon. Bagi pemustaka yang ingin menggunakan jasa layanan ini dapat melakukan konfirmasi langsung melalui via email di: meja.informasi@yahoo.com/mamaz_wait@yahoo.com, atau telepon di: 021-5250719. Apabila melalui email, anda dapat mengecek petugas layanan yang online dalam setiap harinya (hari kerja) di Web PDII-LIPI di: http://www.pdii.lipi.go.id.

Selain layanan online, jasa meja informasi juga menyedikan beberapa koleksi referensi cetak berupa koleksi standar seperti ASTM (American Society for Testing and Materials), Standard Trade and Industry Directory of Indonesia, SNI (Standar Nasional Indonesia), dan koleksi standar Internasional lainnya. Di samping itu, kami juga memiliki koleksi standar lain yang tersedia di Perpustakaan PDII-Serpong, dengan menghubungi Ibu Rahartri di Telp. 021-7560537. Mengenai daftar terbitan standar Perpustakaan PDII Serpong, dapat diakses di http://www.pdii.lipi.go.id/read/2011/12/19/daftar-buku-digital-koleksi-pdii-lipi-serpong.html

2. JASA E-LIBRARY

Jasa e-library berupa layanan koleksi perpustakaan dalam format elektronik dan berbasis multimedia, termasuk layanan internet ada di dalamnya. Jasa layanan ini dapat diakses di http://elib.pdii.lipi.go.id/ (free time). Adapun konten layanan e-library terdiri dari;

a)      Layanan Karya Ilmiah Indonesia (LARAS), berupa koleksi Monograf seperti buku, prosiding/makalah, laporan penelitian, tesis, dan disertasi. Koleksi tersebut dapat diakses langsung di; http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/. Beberapa artikel makalah (Karya Ilmiah LIPI) sudah dapat didownload secara gratis.

b)      Layanan Jurnal Indonesia (ISJD), berupa artikel koleksi jurnal atau majalah Ilmiah Indonesia. Koleksi tersebut dapat diakses langsung di; http://isjd.pdii.lipi.go.id/. Sebagian besar artikel jurnal atau majalah sudah dapat didownload secara gratis. Dalam website tersebut, anda juga dapat mencari informasi mengenai daftar jurnal yang sudah terakreditasi dan ISSN. Namun, apabila anda ingin mengetahui jurnal terbitan LIPI dapat diakses langsung di http://pdii.lipi.go.id/jurnal-lipi/

Keterangan;

Bagi koleksi atau artikel karya ilmiah dan jurnal Indonesia yang sudah bisa di download secara gratis, terdapat petunjuk “Download File”. Apabila belum ada petunjuknya, maka anda harus datang ke perpustakaan.

c)      Layanan Buku Elektronik, berupa layanan buku tiga dimensi (3D) dengan format “flipping-book”. Jika anda ingin mengakses langsung dapat di; http://elib.pdii.lipi.go.id/html/bukuelektronik/. Layanan ini hanya bisa dibaca secara elektronik (tidak bisa didowload), tetapi jika anda menginginkannya maka dapat menghubungi petugas meja informasi (via email atau telelpon). Khusus, mengenai buku terbitan LIPI yang berupa buku elektronik dapat diakses langsung di http://web.pdii.lipi.go.id/ebooklipi/utama

d)     Layanan Multimedia, berupa layanan audio-visual yang direkam dalam bentuk video hasil kegiatan kajian atau penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan intansi terkait. Konten layanan tersebut berupa informasi wirausaha atau yang lebih dikenal dengan informasi Teknologi Tepat Guna (TTG). Layanan tersebut dapat diakses langsung di http://bit.lipi.go.id/streaming/

e)      Database Pakar, berupa layanan informasi tentang data kepakaran para peneliti dan ilmuan yang berasal dari lembaga kementrian dan non-kementrian di Indonesia. Sementara ini, sebagian besar pakar peneliti dan ilmuan berasal dari LIPI, dan selebihnya dari instansi LPNK dibawah naungan MenRISTEK. Data kepakaran yang termuat dalam database tersebut berupa informasi tentang jenjang pendidikan, organisasi, publikasi, paten, penelitian, dan penghargaan. Mengenai informasi bidang kepakaran yang dimiliki oleh setiap peneliti dan ilmuan dapat diakses langsung di http://web.lipi.go.id/sidik/home

f)       Integrated Library, kedepannya berupa layanan “silang layan” koleksi dan kerjasama antar-institusi perpustakaan, dokumentasi, dan informasi yang sudah terjaring dalam pusat data repositori nasional. Tujuan jasa ini adalah untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan antar-lembaga/perpustakaan yang tergabung dalam database ini, sehingga dapat membantu kelancaran tugas dokumentasi dan informasi di lembaganya.

3. JASA REFERENSI

Jasa referensi adalah jasa literatur perpustakaan yang terdiri dari layanan koleksi referensi primer  dan sekunder. Layanan referensi primer seperti koleksi ensiklopedia, hand book, kamus, koleksi standar (ilmu eksak dan terapan), paten, statistik, koleksi TTG (Teknologi Tepat Guna), karya LIPI, serta koleksi ilmu perpustakaan dan informasi. Sedangkan layanan referensi sekunder seperti koleksi kliping, jurnal atau majalah, hasil penelitian (tesis, disertasi, Riset Unggulan Terpadu/RUT, dan laporan penelitian). Jasa referensi ini dibagi menjadi dua yaitu layanan tertutup dan terbuka.

4. JASA FOTOKOPI DAN PRINT

Jasa ini diperuntukkan bagi pemustaka yang ingin menfotokopi atau menge-print koleksi perpustakaan yang tidak bisa dipinjam (dibawa pulang). Jasa fotokopi sangat membantu dan mempermudah pemustaka dalam memperoleh akses informasi koleksi secara cepat dan lengkap. Artinya bahwa setelah pemusta menemukan koleksi, mereka langsung dapat memfotokopi setiap koleksi (tiap lembarnya) secara bebas tanpa adanya tuntutan dari pemilik karya (penulis), baik sebagian maupun secara keseluruhan. Karena perpustakaan diberikan keringanan oleh hak cipta (copyright) untuk memperbanyak koleksinya sebatas untuk kepentingan pendidikan dan penelitian. Untuk itu, bagi pemustaka yang menginginkan fotokopi dan print koleksi, mendapat jaminan (aman) dari perpustakaan. Meskipun demikian, dalam kegiatan fotokopi dan print koleksi, Perpustakaan PDII juga memiliki standar biaya cetak (sudah diatur dalam kebijakan perpustakaan), dengan rincian sebagai berikut:

1) Jasa Fotokopi

1.  Datang Langsung

-          Koleksi buku teks, prosiding, handbook, jurnal/majalah, laporan penelitian/RUT, TTG, karya LIPI (prosiding dan laporan penelitian), koleksi ilmu perpustakaan dan informasi, sebesar Rp 250,00 /lembar

-          Koleksi Standar (SNI dan Standar Internasional), Tesis, Disertasi, sebesar Rp 500,00/lembar

-          Koleksi Paten, dihitung pernomor paten (1-10 halaman), sebesar Rp 25.000,00, dan halaman berikutnya sebesar Rp 1.000,00/lembar.

2.  Pesanan (telepon atau email)

-          Koleksi buku teks, prosiding, handbook, jurnal/majalah, laporan penelitian/RUT, TTG , karya LIPI (prosiding dan laporan penelitian), koleksi ilmu perpustakaan dan informasi, sebesar Rp 500,00 /lembar, via email Rp 1.000/lembar

-          Koleksi Tesis dan Disertasi, sebesar Rp 500,00/lembar, via email Rp 1.000,00/lembar

-          Koleksi Standar (SNI dan Standar Internasional) untuk halaman 1-10, sebesar Rp 500,00/lembar, dan halaman berikutnya dikenakan biaya sebesar Rp 1.000,00/lembar. Sedangkan via email sebesar Rp 10.000,00 (1-10 halaman) dan halaman berikutnya sebesar Rp 2.000,00/lembar (halaman 11-20)

-          Untuk lebih jelasnya mengenai pemesanan informasi, anda dapat menghubungi jasa penelusuran informasi di:

Ka.Sub.Bid Penelusuran Informasi Ilmiah, PDII-LIPI
Jl. Jend.Gatot Subroto No.10 , Jakarta-12710
Telp.(021)5733465, ext. 403, fax (021)5733467
e-mail: penelusuran@yahoo.com

2) Jasa Print

Jasa Print ini diperuntukan bagi pemustaka yang menginginkan koleksi digital Perpustakaan PDII yang tidak dapat diakses atau di-download dari luar instansi PDII/LIPI. Hal tersebut dikarenakan ada batasan akses informasi, yang menyebabkan pemustaka harus nge-print koleksi tersebut di perpustakaan. Bagi pemustaka yang datang langsung dapat nge-print setiap lembar koleksi digital di meja informasi, dengan membayar biaya sebesar Rp 1.000,00/lembar berlaku untuk semua koleksi digital Perpustakaan PDII. Apabila melalui pemesanan (reserve) biaya print sebesar Rp 1.000,00/lembar ditambah biaya pengiriman yang sudah ditentukan oleh Jasa Penelusuran Informasi PDII.

5. JASA PENELUSURAN INFORMASI

Jasa ini merupakan jasa kesiagaan informasi dalam mewujudkan layanan prima Perpustakaan PDII. Jasa layanan ini bertujuan untuk:

1)      Membantu pemustaka yang tidak memiliki waktu untuk datang ke Perpustakaan PDII, atau

2)      Membantu pemustaka yang sudah datang ke Perpustakaan PDII tetapi dia belum/tidak menemukan koleksi/literatur yang dicarinya.

Apabila anda sangat menginginkan koleksi yang dicarinya, maka harus melalui jasa penelusuran informasi. Anda tidak perlu khawatir, karena anda akan dilayani dengan baik oleh petugas kami. Petugas kami akan mencarikan literatur yang anda cari. Apabila koleksi tidak tersedia di Perpustakaan, akan diusahakan semaksimal mungkin ketemu sumbernya. Dalam jasa ini, pemustaka diberi dua pilihan, yaitu:

a)      Apabila koleksi/literatur yang dicari tidak ada di Perpustakaan PDII, maka anda akan dikonfirmasi mengenai keberadaan koleksi tersebut. Anda bisa datang sendiri ke alamat perpustakaan/lembaga yang sudah diberikan petugas, atau petugas yang akan mencarikan koleksi yang anda cari langsung ke lapangan (dengan konsekuensi ada tambahan biaya).

b)      Apabila koleksi/literatur yang dicari ada di Perpustakaan PDII, maka anda dapat mengambilnya langsung di bagian jasa penelusuran informasi. Karena kemungkinan besar, pada saat anda mencari koleksi, koleksi tersebut sedang dipinjam pegawai PDII atau dipakai pemustaka, jadi harap maklum…!!!

6. JASA SIRKULASI

Perpustakaan PDII juga menyediakan jasa sirkulasi (peminjaman dan pengembalian koleks). Jasa ini khusus diperuntukan bagi pemustaka yang sudah menjadi anggota perpustakaan. Pemanfaatan jasa sirkulasi di Perpustakaan PDII, hanya berlaku untuk koleksi umum, yang berupa koleksi buku teks dan prosiding/makalah selain terbitan dari instansi LIPI. Saat ini, jasa sirkulasi di Perpustakaan PDII masih manual. Tetapi untuk kedepannya, sistem otomasi sirkulasi perpustakaan akan diterapkan dengan sisten RFID. Karena masih format prototype, layanan sirkukasi dapat diakses di: http://elib.pdii.lipi.go.id/sirkulasi/

Sebagai informasi, bagi pemustaka yang sudah terdaftar sebagai anggota Perpustakaan PDII, kartu anggota hanya berlaku 1 semester (6 bulan), dengan rincian biaya sebagai berikut:

1)      Mahasiswa = Rp 30.000,00/semester

2)      Umum/Karyawan = Rp 50.000,00/semester

Pada saat melakukan perpanjangan kartu anggota dikenakan biaya yang sama pada saat pendaftaran ulang. Mengenai persyaratannya, silakan datang langsung ke Perpustakaan PDII-LIPI di alamat: Jl. Jend.Gatot Subroto No.10, Jakarta-12710.

Masih banyak informasi yang anda tanyakan, silakan datang langsung ke Perpustakaan PDII, kami akan senang membantu anda…!

 

 

 

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »

http://invite4job.com