food recipes

resep nasi goreng

menu makanan

resep kue

Potret Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Jawa Timur

Mohamad Djaenudin May 7, 2012 0

Info Baru Vol. 8 No. 5 Mei 2012-g

Kondisi heterogenitas bangsa Indonesia ibarat pedang bermata ganda. Di satu sisi kemajemukan bisa menjadi kekuatan konstruktif-produktif dalam rangka membangun bangsa. Hal ini bisa dilakukan ketika kita memiliki cetak-biru (blueprint) yang bisa dijadikan sebagai acuan’ normatif dalam mengelola heterogenitas sosial-budaya kita. Sejauh ini, Indonesia cukup teruji dalam menghadapi pelbagai rintangan dan ujian yang dapat memorakporandakan bangunan kebangsaan kita. Kita memang patut berbangga atas prestasi yang sudah kita raih. Tetapi kita tidak boleh lengah terhadap hadirnya “tangan-tangan jahil” yang tidak menghendaki Indonesia utuh dan berjaya.

Di sis lain, jika heterogenitas kebangsaan kita tidak bisa dikelola dengan baik, maka ia bisa menjelma menjadi kekuatan destruktif yang bisa mencabik-cabik bangunan kebangsaan yang sudah sedemikian lama terbangun di bawah panji-panji Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jawa Timur, sebuah wilayah provinsi yang heterogen merupakan sebuah daerah di pulau Jawa dengan jumlah penduduk terbesar di Jawa, yakni 37 juta jiwa. Jumlah sebesar ini merupakan konsentrasi kerawanan sosial jika kepelbagaian masyarakat tidak dirawat dan dikelola dengan baik. Dalam konteks inilah ration d’etre buku ini hadir. Besar harapan, kehadiran buku ini menginspirasi penelitian-penelitian serupa di masa mendatang tentang bagaimana peta kerukunan beragama di Indonesia, akan dipotret secara komprehensif.

Download daftar isi: Potret Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Jawa Timur

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »