Sosio Sains: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial dan Sains

Mohamad Djaenudin June 11, 2012 0

Info Baru Vol. 8 No. 6 Juni 2012-j

Atmosfir akademik perguruan tinggi awal tahun 2012 ditandai dengan kebijakan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mensyaratkan para calon sarjana yang akan mengakhiri masa studi.harus menulis karya ilmiah pada jurnal yang terakreditasi.

Kebijakan yang dikeluarkan lewat surat edaran tersebut, membuat para pengelola kampus ‘panik’ dan kelabakan.  Realta  demikian tidak terlepas dari kondisi real kampus PTS yang masih dihitung dengan jari sebelah tangan yang mengelola jurnal ilmiah secara kontinyu.

Kondisi lebih dramatis lagi.jika diamati pengelolaan jurnal ilmiah di wilayah Kawasan Timur Indonesia. Jumal iImiah yang mendapat akreditasi Dirjen Dikti ada satu yakni. jurnal yang diterbitkan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Berangkat dari keterbatasan jurnal ilmiah di kampus PTS, maka Kopertis Wilayah IX Sulawesi berupaya menerbitkan wadah dengan tujuan para dosen dan mahasiswa dapat menyalurkan karya tulisan artikel ilmiah untuk jurnal yang  diterbitkan.

Jurnal yang ada di tangan pembaca ini adalah edisi perdana dengan fokus isinya pada i1mu-ilmu sosial dan teknologi. Edisi awal ini memuat 10 naskah dari para dosen kampus PTS yang menyebar diseluruh wilayah Pulau Sulawesi. Kehadiran jurnal ilmiah diharapkan dapat lebih menggairahkan dan memotivasi para civitas akademika untuk berkarya melakukan penelitian kemudian mempublikasikan karyanya tersebut.

Faktor keterbatasan media jurnal ilmiah untuk mempublikasikan karya ilmiah minimal untuk saat ini sudah dapat teratasi Pengelola menunggu kiriman naskah dari paracivitas akademika kampus, guna lebih mendinaskan suasana akademik di kampus-kampus yang dikelola swasta.

Edisi perdana ini masih diwarnai dengan kekurangan disana-sini, mulai dari tampilan, desain, editing dan beberapa lainnya. Semua kekurangan itu bagi kami para pengelola menerima.dengan senang hati dan tangan terbuka.

Semua kritik dan saran yang masuk dari pembaca menjadi pemotivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas isi dan tamplan jurnal iImiah yang menjadi milik bersama civitas akademika kampus PTS se-Sulawesi ini.

Download daftar isi: Sosio Sains_Jurnal Ilmiah IPS dan Sains

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »