villa di puncak

villa bali

Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama

Mohamad Djaenudin December 28, 2012 0

Info Baru Vol. 8 No. 12 desember 2012-an

Dalam edisi Volume I Nomor I Juni 2012, mengangkat berbagai tulisan tentang pendidikan, religi, dan sosial kemasyarakatan. I Komang Mertayasa menyuguhkan tentang konsep luan dan teben pada masyarakat Hindu di Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso. Dijelaskan bahwa areal pekarangan masyarakat Hindu selalu berdasarkan pada konsep Tri Mandala, yaitu utama mandala (prahyangan), madya mandala (pawongan), dan nista mandala (palemahan). Zona yang digunakan membangun tempat suci yaitu areal utama mandala terletak pada arah utara-timur (kaja-kangin), dan untuk nista mandala adalah arah selatan-barat (kelod-kauh).

pendidikan agama sangat penting dalam era globalisasi sekarang ini, melalui pendidikan agama manusia memperoleh referensi yang menuntun tingkah lakunya di dalam suatu komunitas yang-berbudaya. Pentingnya pendidikan agama ini dijelaskan oleh Agus Budi Wirawan-dalam tulisannya tentang Peran Pasraman Jagatnatha Dalam ‘Pengembangan Pendidikan Agama Hindu Di Kota Palu.Peran-Pasraman Jagatnatha-begitu besar bagi pengembangan pendidikan agama Hindu di Kota Palu.Bagi siswa-siswi Hindu, dengan keberadaan Pasraman Jagatnatha makamereka bisa mendapatkan pendidikan Agama Hindu yang sebagian besar di sekolah mereka tidak ada guru agama Hindunya. Bagi guru Agama Hindu, peran Pasraman cukup besar bagi peningkatan kuaIitas guru.

Pengamalan Pendidikan Agama Hindu tentang Tri Kaya Parisudha oleh siswa Hindu di sekolah SMA Negeri 3 Palu tergolong baik, dan pengamalan Pendidikan keluarga di rumah masing-masing siswa tergolong sangat baik, serta Perilaku siswa sebagai akibat dari pengamalan Tri Kaya Parisudha baik di sekolah maupun di rumah tergolong baik. Kemudian, Pendidikan Agama Hindu dapat mempengaruhi perilaku siswa SMA Negeri 3 Palu. Semakin sering Tri Kaya Parisudha diamalkan di lingkungan sekolah, maka perilaku siswa semakin baik, dan begitu pula sebaliknya. Pendidikan keluarga dapat mempengaruhi perilaku siswa SMA Negeri 3 Palu. Sernakin sering dan berkualitas komunikasi dalam keluarga, maka perilaku siswa semakin baik, dan begitu pula Sebaliknya. Hal ini dijelaskan oleh Ketut Yasini dalam tulisannya tentang Pengaruh Pendidikan Agama Hindu Dan Pendidikan Keluarga Terhadap Perilaku Siswa SMA Negeri 3 Palu.

Daftar isi: Widya Genitri: jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »

http://invite4job.com