food recipes

resep nasi goreng

menu makanan

resep kue

Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Seni Budaya di Kota Surakarta

Mohamad Djaenudin February 19, 2013 0

Info baru Vol.9 No.2 Februari-y

Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan penelitian ini dapat selesai tepat pada waktunya. Penelitian ini mengambil tema Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Seni-Budaya.

Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Seni-Budaya sedang menjadi pembicaraan hangat diberbagai kalangan dan media. Merujuk tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Amanah UU Sisdiknas tahun 2003 itu bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga berkepribadian atau berkarakter, sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama.

Pendidikan dasar diharapkan mampu menjadi dasar bagi siswa atau anak dalam tumbung kembang pembentukan karakter seorang anak. Salah satunya dapat melalui pendidikan seni budaya sebagai bagian dari pembentukan karakter terutama bagi siswa Sekolah Dasar (SD) oleh sebab seberapa jauh atau seberapa penting pendidikan seni budaya dapat menjadi dasar atau bagian pendidikan karakter. Penelitian ini fokus di Kota Surakarta dengan mengambil objek empat SD, diantaranya adalah SDNMangkubumen Lor No. 15, SDN Begalon II, SD Al Azhar Syifa Budi, SD Pangudi Luhur.

Download daftar isi : Pendidikan karakter berbasis pendidikan seni budaya di kota Surakarta

Share on TwitterShare via email



Leave A Response »