Samudra di Kaki Merapi

By on January 13, 2015

MerapiInfo Baru Vol. 11 No. 1 Januari 2015-h

Sebuah daerah akan dikenali jika tahu bagamiana mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kabupaten Boyolali dalam 5 tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang sedemikian pesat dalam segi pembangunan infrastruktur. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki slogan Tertib, Elok, Rapi, Sehat, Nyaman untuk Masyarakat (Boyolali Tersenyum) ini sadar akan segala potensinya. Ibarat sebuah samudra, Kabupaten Boyolali memiliki potensi yang sedemikian luasnya untuk dikembangkan. Penulisan buku Samudra di Kaki Merapi sejatinya merupakan gambaran dari Kabupaten Boyolali. Kemajuan Boyolali dalam segi pembangunan dalam beberapa tahun ini tidak lepas dari sosok kepemimpinanan bupati Seno Samodro. Sosok yang sebelumnya berprofesi sebagai staf lokal di Prancis ini mengerti betul apa yang harus dilakukan untuk memajukan Kabupaten yang antara lain memiliki julukan, Kota Susu dan New Zealand van Java.

Buku ini bukan hanya memberikan gambaran tentang potensi Boyolali, namun juga menjadi pertanggungjawaban dari seorang bupati kepada rakyatnya. Terobosan-terobosan yang dilakukan kadangkala menimbulkan pro kontra, namun Seno Samodro melihatnya sebagai dinamika demokrasi. Satu hal yang dipegangnya adalah apa yang dilakukannya memberikan manfaat untuk rakyat Boyolali. Bukan sekadar memberikan manfaat, sang bupati ingin memberikan warisan untuk anak cucu masyarakat Boyolali. Sebut saja pembangunan gedung terpadu kompleks Pemda Boyolali. Kompleks terpadu tersebut bukanlah proyek mercusuar, ini merupakan penjabaran seorang bupati yang memiliki visi kedepan. Gedung pemerintahan terpadu yang diharapkan bisa bertahan hingga ratusan tahun ke depan.

Peningkatan investasi di Boyolali tidak lepas dari berbagai terobosan yang dilakukan bupati. Proses yang seharusnya melalui berbagai tahapan, dipangkas hanya beberapa tahap saja. Hal itu mengundang investor untuk ikut memajukan Boyolali karena adanya kepastian proses menanamkan modal. Buku ini juga memotret ide-ide unik dari bupati untuk mengenalkan Boyolali, bukan hanya di tingkat nasional namun juga internasional.

Daftar isi: Samudra di Kaki Merapi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>