Spirit of Entrepreneurship: Keterampilan Kewirausahaan

By on December 24, 2017

KeterampilanInfo Baru Vol. 13 No. 12 Desember 2017-x

Dalam modul ketiga ini mengenai kelanjutan dari modul satu dan dua, dimana buku ketiga ini mengaplikasikan antara konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari. Berpikir saja, tidaklah dapat mewujudkan sesuatu. Sesuatu itu dapat diwujudkan jika ada tindakan. Daya gerak untuk bertindak, terutama tindakan awal disebut daya inisiatif. Daya ini dapat mencirikan seseorang apakah ia malas atau rajin. Banyak orang yang tahu, tetapi karena tidak bertindak atau lambat bertindak. maka dia akan merugi. Keterampilan merupakan tindakan raga terutama tangan dan kaki untuk melaksanakan sesuatu kerja dan dari kerja tersebut baru akan terwujud hasil karya. Berbagai macam hasil karya telah lahir dari orang-orang yang mempunyai keterampilan.

Skill apapun dapat dipelajari namun membutuhkan dedikasi yang kuat untuk mempelajari ilmu tersebut seperti perlunya mental positif semangat motivasi dan waktu. Menurut Gordon (1999) ketrampilan adalah kemampuan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan cermat. Pengertian ini biasanya cenderung pada aktivitas psikomotor. Pengertian keterampilan juga merupakan kegiatan yang memerlukan praktek atau dapat diartikan sebagai implikasi dari aktivitas. Menurut Dunnette (2002) pengertian keterampilan adalah kapasitas yang dibutuhkan untuk melaksanakan beberapa tugas yang merupakan pengembangan dari hasil training dan pengalaman yang didapat. Selanjutnya Iverson (2001) mengatakan bahwa selain training yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan juga membutuhkan kemampuan dasar (basic ability) untuk melakukan pekerjaan secara mudah dan tepat.

Keterampilan setiap orang harus di asah melalui program training dan bimbingan. Jika kemampuan dasar digabung dengan bimbingan secara intensif tentu akan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai bagi diri sendiri dan orang lain. Kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide, dan kreativitas dalam mengerjakan, mengubah ataupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut. Keterampilan atau kemampuan tersebut pada dasamya akan lebih baik bila terus diasah dan dilatih untuk menaikkan kemampuan sehingga akan menjadi ahli atau menguasai dari salah satu bidang keterampilan yang ada. Oleh karena itu setelah mempelajari modul ketiga ini diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan bisnis yang akan dijalankan. (Pengarang)

Daftar isi: Spirit of Entrepreneurship_ Keterampilan Kewirausahaan

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>