Hack forum Forum Hack warez forum alfa shell wso shell organik ziyaretci recovery shell wso shell indoxploit shell hacklink hacklink paketleri hacklink nedir hacklink panel
Survey Kepuasan Masyarakat 2016 –

Survey Kepuasan Masyarakat 2016

By on January 25, 2017

cover SKM-2016Survei kepuasan masyarakat ini menjadi alat dan sarana efektif lembaga untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat setelah memanfaatkan jasa informasi ilmiah PDII-LIPI. Sesuai dengan kutipan kebijakan mutu ISO 9001:2008 PDII-LIPI yaitu “PDII-LIPI berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan informasi dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memperhatikan aspek kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan kenyamanan pelanggan/pemustaka; serta PDII-LIPI melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan mutu pelayanan informasi secara berkelanjutan”, kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara konsisten dan berkesinambugan, serta menerima segala saran dan kritik perbaikan untuk hal tersebut.


Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh aparatur pemerintah yang diterima oleh masyarakat dirasakan masih kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kualitas layanan dan paradigma baru serta sikap mental petugas layanan yang berorientasi melayani, bukan dilayani. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan PDII-LIPI dilakukan sebagai upaya untuk: (1) mengetahui tingkat kinerja petugas layanan dan kualitas pelayanan; (2) mendapatkan suatu gambaran pendapat/persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik; serta (3) mendapatkan bahan masukan untuk evaluasi dan penetapan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik di masa mendatang.


Ruang lingkup SKM ini, meliputi: persyaratan, kompetensi, prosedur, kesopanan dan keramahan, waktu pelayanan, kesanggupan dan kewajiban, biaya/tarif, penanganan pengaduan, ketentuan pelayanan, kejelasan dan ketepatan pelayanan, kewajaran biaya, kedisiplinan, kenyamanan, tanggung jawab, keamanan, dan keadilan mendapatkan pelayanan.
Survei ini dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2016 dengan cara menyebarkan kuesioner SKM kepada masyarakat yang telah memanfaatkan layanan PDII-LIPI, baik yang datang langsung ke PDII-LIPI maupun via-online. Pelaksanaan SKM ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan perhitungan indeks SKM mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Adapun jumlah responden SKM PDII-LIPI Tahun 2016 sebanyak 247 orang. Hasil survei menunjukkan bahwa kinerja petugas pelayanan di PDII-LIPI sudah baik terbukti bahwa hasil nilai SKM terhadap pelayanan PDII-LIPI sebesar 81,769 yang berarti bahwa sangat baik. Nilai ini tentunya sangat membanggakan karena hasil SKM tahun 2016 meningkat bila dibandingkan hasil SKM Tahun 2015 yakni sebesar 75,75 (kategori baik). Hal ini tentunya sebuah prestasi yang patut diapresiasi karena dengan segala keterbatasan sumber daya, petugas pelayanan masih mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dokumen Lengkap Laporan SKM PDII 2016

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>